Festival Agama Hindu UDG XV Tahun 2024, Resmi Dimulai Esok Hari

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XV Tahun 2024 akan resmi digelar esok malam, Selasa (9/7/2024) di pelataran Pura Mangkunegaran Kota Surakarta. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama (Kemenag) I Nengah Duija dalam konferensi pers siang ini, Senin (8/7/2024). Kegiatan ini akan berlangsung hingga 12 Juli 2024.

Sebanyak 1.561 orang terdiri atas 1.324 peserta dan 237 official dari seluruh provinsi di Indonesia akan mengikuti festival nyanyian suci keagamaan Hindu itu. “Utsawa Dharmagita bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran kitab suci Weda beserta susastra Hindu dalam upaya memperkokoh karakter bangsa,” ungkap I Nengah Duija.

Lanjut Duija, UDG Nasional tahun ini mengusung tema Dharmagita dari Paramacastra menuju Paramatattva, yang memiliki arti dari seni sastra menuju kebenaran substantif. Melalui tema ini, Kemenag mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan seni sastra sekaligus sebagai landasan filosofis kebenaran.

“Sehingga (pemahaman ini) tidak hanya di kalangan generasi tua ataupun tokoh-tokoh agama Hindu, melainkan juga kepada generasi muda, remaja, dan anak-anak,” jelasnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng, Musta’in Ahmad menyambut baik kegiatan bergensi tersebut dapat digelar di Jateng. Kontingen Jateng pun telah mempersiapkan diri untuk ikut andil dengan target juara. “Kita ikut menyukseskan penyelenggaraan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional XV Tahun 2024 di kota yang penuh dengan kebudayaan ini,” kata Musta’in Ahmad.

Terdapat 8 jenis perlombaan yang digelar. Provinsi dengan medali emas terbanyak berhak menyabet gelar Juara Umum. Jenis perlombaan antara lain Membaca Saloka, Membaca Palawakya, Membaca Kekawin, Nyanyian Keagamaan Hindu, Dharmawacana Bahasa Indonesia, Dharmawacana Bahasa Inggris dan Menghafal Saloka. (PS/BEL)