Festival Ramadhan, Kanwil Kemenag Jateng Berhasil Konsolidasikan 84.056 Paket Sembako

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Gelaran Festival Ramadhan bertajuk Ramadan Asyik Bersama Gusmen Kolaborasi Sejuta Cinta berhasil membagikan 1,5 juta lebih paket sembako. Capain itu telah tercatat pada rekor MURI dengan pembagian paket sembako terbanyak. Kegiatan berlangsung secara hybrid terpusat di Kemenag RI di Jakarta pada Jumat, (22/03/2024).

Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah pada kegiatan ini ambil bagian dengan membagikan 1.000 paket sembako dan mampu mengkonsolidasikan hingga total 84.056 paket sembako yang berasal dari stakeholder organisasi pengelola zakat se-Jawa Tengah.

Pada kegiatan ini Kanwil Kemenag Prov. Jateng berkesempatan mengikuti acara secara daring melalui saluran zoom yang diikuti seluruh pejabat dan pegawai dilingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng di aula Majeng.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Mustain Ahmad pada kesempatan ini berharap bahwa seluruh pegawai kemenag harus tahu bahwa saat ini ada organisasi pengelola zakat seperti Baznas, LAZ dan UPZ yang diatur berdasarkan undang-undang pengelolaan zakat.

“Seluruh pegawai kanwil perlu tahu keberadaan lembaga pengelola zakat seperti Baznas RI yang di SK-kan Menteri Agama, Baznas Provinsi di SK-kan Gubernur, Baznas Kabupaten Kota di SK-kan Bupati atau Walikota, LAZNAS di SK-kan Menteri agama, LAZ skala Provinsi di SK-kan Direktur Bimas Islam Kemenag RI, LAZ skala Kabupaten/Kota di SK-kan Kepala Kanwil Kemenag” jelas Mustain Ahmad.

Sementara itu Kabid Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf Imam Buchori mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan berbagai stakeholder yang digerakan seperti Kankemenag Kabupaten/Kota, Baznas Prov. Jateng, Baznas Kabupaten/Kota, Lembaga Amil Zakat Nasional Perwakilan di Jateng, LAZ Skala Provinsi dan LAZ Skala Kabupaten/Kota hingga jawa tengah mampu ambil bagian melebihi target.

“Keberhasilan ini merupakan kekompakan dari seluruh stakeholder organisasi pengelola zakat di Jateng seperti Kankemenag, Baznas, Laz yang telah kita konsolidasikan untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan yang diinisiasi Kemenag Pusat” terang Imam Buchori.

Ia juga menambahkan bahwa Kanwil Jateng mampu menggerakan seluruh stakeholder yang hasilnya diatas ekspektasi karena target yang diperoleh melampui yang diharapkan.

“Target kita semula hanya 61.000 paket tetapi ketika kita update datanya dari semua instasni/lembaga zakat totalnya 84.056 paket sembako yang nilainya kisaran 150 ribu sampai 200 ribu” tambahnya.

Imam Buchori juga menjelaskan diperolehnya puluhan ribu paket sembako itu berasal dari kontribusi 111 instansi/lembaga di jawa Tengah dari Tingkat provinsi hingga kabupaten yang didistribusikan kepada masyarakat terutama korban banjir oleh masing-masing instansi/lembaga.

“Puluhan ribu paket sembako yang berhasil dicapai itu berasal dari berbagai intansi atau lembaga pengelola zakat di Jateng dan pendistribusiannya juga oleh mereka secara serentak” terang Imam Buchori.

“Untuk Kanwil sembakonya dibagikan kepada bina lingkungan masyarakat sekitar dan warga terdampak korban banjir di Mangkang, Kaligawe, Genuk Kota Semarang dan Demak” ujarnya. (Dsr/D/Bel)