Sinergi dengan PWI, Kankemenag Kab. Magelang Rintis Kerjasama Penyebaran Informasi Publik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid (Humas) – Kantor Kemenag Kab. Magelang menyelenggarakan ramah tamah bersama para wartawan media cetak dan elektronik yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang, Jumat, 08/03/2024 di Shakila Resto Mertoyudan Kab. Magelang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Subbag TU, para Kasi dan Penyelenggara serta Kepala Madrasah Negeri (MAN, MTsN, dan MIN).

Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Muhammad Miftah pada kesempatan tersebut menyampaikan kegiatan pertemuan dengan wartawan adalah even pertama kali yang diselenggarakan oleh Kemenag Kab. Magelang.

Melalui ramah tamah ini, Miftah berharap dapat mengakrabkan para awak media dengan pejabat di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Magelang sehingga dapat menjalin kerjasama dalam penyebaran informasi.

“Tugas kami membantu Menag melaksanakan tugas dan fungsi Kemenag di Kabupaten Magelang. Kami hadir untuk membangun warga kabupaten Magelang, apakah itu melalui pendidikan, sosial budaya, dan sebagainya,” kata Miftah.

Selanjutnya Miftah menyampaikan kegiatan-kegiatan di Kankemenag Kab. Magelang yang banyak diminati oleh masyarakat.

“Banyak kegiatan-kegiatan yang ada di Kemenag yang saat ini sedang viral. Tingginya animo pendaftaran siswa baru di madrasah, penyelesaian dokumen haji, pembebasan jalan tol, penyiapan petugas haji. Dan ada juga revitalisasi KUA, di mana KUA,” kata Miftah.

Terkait dengan moderasi beragama, Miftah menyampaikan ditemukan pada sejumlah MI di wilayah Kecamatan Borobudur ada siswa agama lain yang menempuh pendidikan di MI tersebut. Sehingga Miftah berkeinginan untuk mewujudkan MI Moderasi sebagai sekolah unggulan implementasi moderasi beragama pertama di Indonesia.

“Kita akan mengirim Guru Pendidikan Agama Kristen ke madrasah tersebut untuk memberikan pendidikan pada siswa yang memeluk agama Kristen. Atau Guru Pendidikan Agama Katolik untuk siswa yanng beragama Katolik,” lanjut Miftah.

Kepada para pejabat di lingkungan Kemenag, Miftah menyampaikan untuk tidak takut dan alergi kepada wartawan yang menemuinya, sebaliknya dapat membantu para wartawan dengan memberikan informasi yang tepat.

Ketua PWI Kabupaten Magelang, Nina Atmasari, yang merupakan wartawan Harian Jogja, menyampaikan terkait struktur organisasi PWI Kabupaten Magelang. Sampai saat ini tercatat ada 27 wartawan yang tergabung dalam PWI Kab. Magelang. Nina menyampaikan tidak semua wartawan menjadi anggota PWI Kab. Magelang karena wilayah tugasnya, tetapi semuanya tergabung dalam organisasi PWI.

Melalui kerjasama dengan PWI, Kantor Kemenag Kab. Magelang sangat diuntungkan karena dalam penyampaian informasi publik tidak harus menghubungi wartawan satu persatu, tetapi melalui PWI informasi di Kemenag dapat disampaikan secara luas menjangkau semua wartawan yang tergabung.

“Kami wartawan tidak selalu menulis berita yang positif, tetapi berita dari PWI adalah berita yang dapat dipertanggungjawabkan karena PWI terus melakukan pendampingan dan peningkatan kapasitas terkait tugas wartawan,” kata Nina.

Nina mengharapkan para Pejabat di Kemenag tidak perlu takut dengan wartawan dan dapat melakukan konfirmasi manakala didatangi oleh wartawan yang melakukan tugas jurnalistik.

“PWI berusaha menertibkan kinerja wartawan di Kab. Magelang. Jika pejabat didatangi oleh wartawan dan melakukan tindakan di luar jurnalistik dapat konfirmasi ke PWI. Teman-teman wartawan melaksanakan tugas dengan Kode Etik Jurnalistik. Sehingga anggota PWI melaksanakan tugas wartawan secara profesional dan integritas,” tegas Nina.

Nina mengapresiasi kegiatan ramah tamah ini dan berharap sinergi dengan Kantor Kemenag Kab. Magelang dapat terus berlanjut dalam upaya menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat Kabupaten Magelang.(m45k/Sua)