Gebyar Demokrasi, Wujud Implementasi P5RA di MAN 1 Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – MAN 1 Pati menggelar Gebyar Demokrasi pada Sabtu, (15/10) sebagai wujud Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5RA). Kegiatan yang berlangsung sangat meriah tersebut diikuti oleh peserta didik kelas X dan dihadiri oleh seluruh warga madrasah.

Setiap kelompok memiliki stand yang memamerkan karya peserta didik sebagai hasil dari kegiatan proyek bertema demokrasi yang telah dijalankan pada (5-10/9) dan (10-15/10). Selain itu, mereka juga menjual berbagai snack dan jajanan tradisional sebagai wujud pelestarian budaya lokal.

“Kegiatan Proyek seperti ini adalah Hal baru bagi kami. Melalui kegiatan tersebut, kami belajar untuk mengasah kreativitas. Selain itu, kekompakan kami juga di uji karena pengerjaan tugas proyek dilakukan secara berkelompok. Sebenarnya pengerjaan proyek ini cukup melelahkan, tapi karena dikerjakan bersama, rasa lelah itu menjadi tidak terasa. Proyek kali ini juga sangat seru sekali, kami mengenalkan batik dan pakaian adat, menghias stand pameran, sangat menyenangkan,” ujar Azika, salah satu peserta didik kelas X yang melaksanakan proyek.

“Pelaksanaan P5RA bertema demokrasi ini sangat bagus sekali, karena dapat mengasah kreativitas siswa. Selain itu juga bisa mendorong pembentuka karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang menjadi Salah satu modal utama bagi siswa siswi kita untuk terjun di masyarakat, menjadi generasi penerus bangsa. Setelah saya lihat, ternyata hasil proyek dari anak-anak sangat kreatif. Semoga proyek kedepan bisa berjalan lancar dan hasilnya menjadi lebih baik,” tutur Amiruddin, Kepala MAN 1 Pati saat mengunjungi Gebyar Demokrasi.

Selain mengadakan pameran karya, dalam kegiatan proyek ini, peserta didik juga diajak untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti kunjungan ke kantor KPU dan DPRD, serta Mall Pelayanan publik. Peserta didik secara langsung melakukan praktik demokrasi dengan menyumbangkan suaranya dalam pemilihan ketua OSIM masa kerja 2022/2023. Selama satu tahun kedepan, MAN 1 Pati masih akan mengadakan kegiatan P5RA dengan tema Kewirausahaan dan Toleransi. (ar/at/Sua)