Gelar Karya Siswa Meriahkan Peringatan Isra’ Mi’raj dan HUT MI Al Ikhlas Parakan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H dan Hari Ulang Tahun Madrasah yang ke-46, MI Al Ikhlas Parakan Kauman selenggarakan serangkaian kegiatan. Berlangsung di halaman madrasah, rangkaian kegiatan dilaksanakan, Sabtu (25/2) dan Senin (27/2).

Kegiatan yang bertema “ Menyemai Semangat Isra’ Mi’raj Mewujudkan Generasi Madrasah Taat Ibadah” ini dilaksanakan dengan tujuan : menanamkan perilaku meneladani Rasulullah SAW dalam peristiwa Isra’ Mi’raj, menumbuhkan rasa bangga terhadap almamater MI Al Ikhlas Parakan Kauman bagi seluruh civitas madrasah dan memperkenalkan budaya belajar MI Al Ikhlas Parakan Kauman kepada masyarakat sekitar.

Kepala MI Al Ikhlas Parakan, Setyaningsih menyampaikan bahwa “Baru kali ini merupakan kesempatan yang istimewa bagi kami, dua hari besar jatuh pada waktu yang hampir bersamaan, peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw 1444 H yang jatuh pada 18 Februari 2023 dan Hari Ulang Tahun MI ke-46 yang jatuh pada 27 Februari 2023. Oleh karena itu, kami memperingatinya dengan acara yang berbeda dari biasanya,” ungkapnya.

Sabtu (25/2) diselenggarakan lomba mewarnai dan lomba karaoke shalawat bagi siswa-siswi tingkat taman kanak-kanak. Hadir sebagai peserta lomba, sebanyak 140 siswa siswi Taman Kanak Kanak (TK) / Raudhatul Athfal (RA) / Bustanul Athfal (BA) di wilayah Kecamatan Parakan dan sekitarnya. Acara ini dimeriahkan dengan tampilan gelar karya siswa MI Al Ikhlas Parakan yang terdiri dari : Drumband Shout Madiska, Seni Beladiri Pagar Nusa Bambu Runcing Madiska, rebana Jam’iyah Sholawat Madiska, musikalisasi puisi, seni tari Ayodhya Pala Madiska, tilawah Jam’iyatul Quro Madiska, hafalan tajwid dan ghorib, dan pameran seni lukis serta pameran kaligrafi.

Gelar karya siswa yang ditampilkan merupakan hasil dari kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan peserta didik rutin setiap hari Sabtu. “Siswa perlu diberi kesempatan untuk menampilkan hasil kegiatannya selama ini agar mereka lebih bersemangat lagi,” ungkapnya.

Sebagai puncak acara, Senin (27/2), diselenggarakan pengajian untuk seluruh warga madrasah, yakni peserta didik, orang tua peserta didik, guru dan karyawan madrasah, serta komite madrasah. Hadir sebagai pembicara KH. Ya’kub Mubarak dari Parakan. Hadir pula sebagai tamu undangan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Ahmad Muhdzir, Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Temanggung H. Yusuf Purwanto, Pengawas Madrasah Hj. Sriyatun dan Ketua MWC LP Ma’arif NU Muh. Zaidi, serta tokoh masyarakat sekitar madrasah. Seluruh tamu undangan disambut oleh Ketua Pengurus MI Al Ikhlas Parakan, KH. Yusuf Tajuddin Nur, beserta jajaran pengurus madrasah. Gelar karya siswa kembali tampil mengawali puncak acara ini.

Madrasah yang beralamat di Karangsari, Parakan Kauman, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung ini kini berusia 46 tahun. “Di usia yang ke-46 tahun ini saya berharap semoga MI Al Ikhlas Parakan Kauman menjadi madrasah yang keberadaannya membawa manfaat untuk lingkungan sekitar, dapat melahirkan generasi sholih sholihah yang berprestasi serta menjadi madrasah yang membanggakan segenap civitas madrasah karena prestasi dan inovasinya,” pungkasnya. (SW/rf)