Gelar Kreasi Islami RA-MI Al Amin Semarang Barat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Bertepatan dengan Harlah Pancasila, Kamis (1/6/2023), MI Al Amin Kecamatan Semarang Barat menggelar Kreasi Islami yang diselenggarakan di kampus RA-MI Al Amin yang berlokasi di Jalan Taman Condrokusumo II Nomor 15 Kel. Bongsari.

Kepala RA/MI Al Amin, Ircham mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Harlah Pancasila dan akhirusanah. “Gelar Kreasi Anak Islami kami gelar tepat di tanggal 1 Juni dengan maksud sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila, dan sekaligus kegiatan akhirusanah di lingkungan RA-MI Al Amin,” tuturnya.

Ia menerangkan, selain menampilkan seni dan kreasi siswa-siswi RA-MI Al Amin, dalam kegiatan tersebut diadakan pula beberapa jenis lomba seperti, lomba mewarnai, hafalan surah pendek, tartil, dan lain sebagainya. “Selain tampilan seni dan kreasi, madrasah juga mengadakan lomba-lomba. Pesertanya dari berbagai lembaga pendidikan baik tingkat RA/TK, TPQ, MI/SD se-Kota Semarang,” terang Ircham.

Ia bersyukur, gelaran tersebut mendapat respon positif dari lembaga pendidikan dan masyarakat Kota Semarang.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Mafruhatun, Pengawas Madrasah Kankemenag Kota Semarang. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi kepada RA-MI Al Amin yang telah menggelar kegiatan kreatif tersebut. “Dalam rangka memperingati Harlah Pancasila, sebagian besar madrasah menggelar upacara. Kali ini, RA-MI Al Amin tampil beda, membangkitkan rasa nasionalisme, kecintaan kepada Pancasila, melalui kreativitas seni yang islami. Tentunya dengan maksud, bahwa Islam itu rahmatan lil alamin, pembawa pesan perdamaian. Semoga kegiatan ini mampu menginspirasi lembaga pendidikan lainnya, khususnya di Kecamatan Semarang Barat,” ungkapnya.

Ia berharap, lembaga pendidikan di Kota Semarang, khususnya madrasah, bisa menyelipkan pesan-pesan nasionalisme, patriotisme, melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, sebagaimana yang digelar oleh RA-MI Al Ami.(Atun/NBA/bd)