Esensi Hari Lahir Pancasila, Internalisasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kamis (1/6/2023), Kankemenag Kota Semarang menggelar Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor, dan diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Selaku Inspektur Upacara, Ahmad Farid, Kakankemenag Kota Semarang, membacakan amanat Gubernur Jateng, yang berisikan pesan, Pancasila merupakan pemersatu bangsa, dimana mengajak kepada seluruh warga negara agar saling bekerjasama dalam upaya pembangunan bangsa, bahkan sampai ke tingkat daerah.

Pada kesempatan itu pula, ada beberapa pesan yang disampaikan Ahmad Farid dalam amanatnya, diantaranya imbauan internasilasi nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan tugas kedinasan di lingkungan Kemenag. “Nilai-nilai dalam Pancasila tidak ada yang bertentangan dengan ajaran agama apa pun. Tujuan dari peringatan Hari Lahir Pancasila, salah satunya agar kita melakukan internalisasi nilai-nilai tersebut dalam pelaksanaan tugas kita sebagai ASN, abdi negara, dan pelayan masyarakat,” tuturnya.

“Bagaimana nilai-nilai Pancasila diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas kedinasan sehari-hari,” tandasnya.

Menurut Ahmad Farid, setiap nilai-nilai Pancasila mengajarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, sehingga harus saling bahu-membahu, sehingga dengan semangat kebersamaan tersebut akan tercipta persatuan, kedamaian, dan kesejahteraan bersama.

Selain itu, menurutnya pula, nilai-nilai Pancasila mengajarkan bahwa manusia hanya seorang makhluk, yang harus menyadari adanya campur tangan Tuhan dalam setiap upaya yang diusahakannya.(Rus/NBA/bd)