Gelar Rakernas Evaluasi PHU 1443H/2022M, Kemenag Akan Wujudkan Rencana Aksi Ibadah Haji 1444H/ 2023M

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batam (Humas) – Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun 1443H/2022 di Hotel Aston Batam, Kepulauan Riau. Rakernas akan digelar selama lima hari kerja, yakni pada Selasa-Jumat, 30 Agustus 2022 – 02 September 2022.

Penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/ 2022 M telah berakhir pada 18 Agustus 2022. Mengusung tema “Transformasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Pasca Pandemi dan Menghadapi Visi Pemerintah Arab Saudi Tahun 2030”, Ahmad Abdullah, Sekretaris Ditjen PHU sampaikan output yang ingin dicapai yakni adanya evaluasi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M yang lalu serta terwujudnya rencana aksi terhadap perbaikan dan inovasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/2023 M.

Output yang dihasilkan pada Rakernas ini adalah terwujudnya rencana aksi terhadap perbaikan dan inovasi pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/2023 M,” kata Abdullah dalam laporannya, Selasa (30/8/2022).

“Kami mengharapkan acara ini dapat terselenggara dengan baik dan sukses serta dapat menghasilkan output-output terbaik untuk penyelenggaraan ibadah haji di tahun-tahun yang akan datang,” harapnya.

Direncanakan, Rakernas Evaluasi ini, akan dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang dijadwalkan akan tiba di Kota Batam pada Kamis, 1 September 2022 dengan didampingi oleh para staf khusus dan tenaga ahli.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad didampingi Ahyani, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Prov. Jateng turut menghadiri rakernas bersama Kakanwil Kemenag dan Kabid Haji Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia.

Berikut adalah rincian peserta Rakernas Evaluasi yakni Para Kakanwil se-Indonesia (34 orang); Para Kabid PHU se-Indonesia (34 orang); Para Kepala UPT Asrama Haji (10 orang); Para pejabat eselon 3 dan Koordinator DJPHU (20 orang); Seluruh pejabat subkoordinator dan JFU DJPHU (64 orang); Perwakilan Kantor Urusan Haji Indonesia (2 orang); Perwakilan dari Kemenkes (Puskes Haji) (4 orang); Perwakilan Petugas dari unsur TNI/Polri (4 orang); serta Perwakilan MCH Arab Saudi (4 orang)

Rakernas Evaluasi ini turut mengundang Ketua Komisi VIII DPR RI, Menteri Kesehatan, Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Konsul Jenderal RI di Jeddah, Badan Pemeriksa Keuangan RI, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Wakil Amirul Hajj, Bappenas, BPS Bipih, serta Pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Agama. (ps/rf)