Gelaran Matsama MIN Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Selama kurang lebih 4 hari (17-20 Juli 2023), MIN Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan Masa Ta’aruh Sisqa Madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2023/2024.

Disela-sela aktivitasnya, Nadzib selaku Kepala Madrasah menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengenalan kepada peserta didik baru mengenai lingkungan belajar di MIN Kota Semarang, serta mempersiapkan mereka secara mental dan sosial, dapat dengan mudah menyesuaikan diri dalam proses pembelajaran selanjutnya, serta menumbuhkan kecintaan mereka terhadap madrasahnya.

Ia megatakan, tahun ini MIN Kota Semarang menerima 4 rombongan belajar yaitu, kelas 1A, 1B, 1C, dan 1D.

Berdasarkan keterangannya, sebelum pelaksanaan Matsama, telah dilakukan terlebih dahulu rapat pendahuluan pada 11 Juli 2023, dengan salah satu agenda utama, pembagian tugas wali kelas.

“Sebelum pelaksanaan Matsama, seminggu yang lalu, kami telah mengadakan rapat. Dalam rapat tersebut, Ibu Hj. Siti Daimah ditunjuk sebagai wali kelas 1A, Ibu Eni Susiati sebagai wali kelas 1B, Ibu Yayuk Sri Lestari Handayani sebagai wali kelas 1C, dan Ibu Diah Puspita Rini sebagai wali kelas 1D,” tuturnya.

“Penunjukkan ini diharapkan dapat memberikan bimbingan yang baik kepada siswa-siswi baru kelas 1,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Nadzib menjelaskan, dalam Matsama, siswa-siswi juga diperkenalkan dengan nilai-nilai moderasi beragama dan mendorong budaya inklusivitas.

“Dalam kegiatan ini, siswa-siswi baru diajarkan untuk menghargai perbedaan, bersikap ramah, anti-kekerasan, anti bullying, anti pelecehan seksual, serta menghormati harkat dan martabat kemanusiaan,” terangnya.

“Selain itu, melalui Matsama, kami mencoba mengenalkan pola kebiasaan hidup bersih, sehat, dan halal di lingkungan madrasah. Dalam Matsama, siswa-siswi baru juga diberikan pemahaman mengenai disiplin, tanggung jawab, serta mental mandiri yang berprestasi,” lanjutnya.

Ia berharap, melalui Matsama, dapat terwujud generasi berakhlak, memiliki pemahaman agama yang positif bagi bangsa dan negara.(fw/NBA/bd)