Gelaran Pelatihan Sembelih Halal PW Mathla’ul Anwar Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang- Menjelang Idul Adha 1443 H, Mathla’ul Anwar Jawa Tengah bersama Lazis Al Ihsan menggelar Pelatihan Sembelih Halal bagi para Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah Mathla’ul Anwar se-Jawa Tengah.  Acara yang cukup istimewa ini dilaksankan di kantor  Dikmas Jateng, yang berlokasi di Jalan Diponegoro No. 250 Ungaran Barat Kabupaten Ungaran Jawa Tengah.

Mengapa dikatakan istimewa, karena pelatihan dilaksanakan tepat menjelang perayaan Idul Adha 1443 H. Hal tersebut dituturkan oleh Agus Haryadi selaku Sekretaris Mathla’ul Anwar Jawa Tengah. “Tidak hanya kegiatannya yang istimewa, pesertanya pun juga istimewa, selain pengurus Mathla’ul Anwar, peserta juga dari pengurus masjid dan musala khususnya yang bertindak sebagai jagal, yang nanti saat Idul Adha akan menjadi eksekutor sembelih halal untuk hewan kurban di tempatnya masing-masing,” tuturnya.

Direktur Lazis Al Ihsan Jateng Doso Sutrisno, menyampaikan bahwa kegiatan  Pelatihan Sembelih Halal dimaksud diikuti oleh 80 peserta, yaitu 20 pengurus Mathla’ul Anwar dan 60 takmir masjid dan musala, yang merupakan bentuk aksi nyata Lazis Al Ihsan Jateng dalam mendudung suksesnya kegiatan Idul Adha tahun ini.

Sedangkan  ketua Mathla’ul Anwar Jawa Tengah H. Sumanto, dalam sambutannya menegaskan Mathla’ul Anwar adalah organisasi masyarakat (ormas) yang sudah cukup lama di Indonesia yang bergerak dalam bidang pendidikan, sosial dan keagamaan. “Berdiri sejak tahun 1916 di Menes Banten Jawa Barat, Mathla’ul Anwar berkembang di Jawa Tengah sejak tahun 1960, dengan bidang garapan pendidikan, sosial dan keagamaan. Sebagai salah satu petilasan atau buktinya adalah keberadaan Lembaga Pendidikan Mathla’ul Anwar di Twelagiri Kabupaten Banjarnegara, Masjid Mathla’ul Anwar di Tingkir Salatiga, Madrasaha Mathla’ul Anwar di Sugihwaras  Kabupaten Pemalang, Madrasah Mathla’ul Anwar di Cisadap Kabupaten Brebes,  MI Mathla’ul Anwar di Pingit Temanggung, serta Yayasan  Al Iman  di Magelang,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menjelaskan Mathla’ul Anwar Jawa Tengah saat ini sedang menjalankan program  di bidang sosial keagamaan yaitu pendampingan produk halal, salah satunya penyelenggaraan Pelatihan Sembelih Halal yang dilaksanakan dengan menggandeng teman-teman Juru Sembelih Halal (Juleha) kota Semarang.

Hadir Sekretaris Satgas Halal dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Ridha yang juga berkesempatan menyampaikan materi kepada peserta pelatihan. Hadir pula pengurus Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) Kota Semarang.

Untuk memberikan penguatan secara  syariah, kegiatan diawali dengan materi fiqih kurban yang disampaikan oleh narasumber dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Mathla’ul Anwar Pusat secara daring, sehingga peserta lebih memahami tentang syarat, rukun dan hal-hal apa saja yang membatalkan dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, dengan tujuan agar peserta kegiatan lebih berhati-hati pada saat melaksanakan penyembelihan tersebut.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajak menyaksikan langsung praktik penyembelihan yang dikomandoi oleh ketua Juleha Ustadz Bagus. “Alhamdulillah peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sampai akhir,” tutur Agus haryadi selaku moderator

“Mungkin para peserta belum puas dengan pelatihan yang hanya sebentar ini, namun semoga cukup untuk menjadi bekal menjelang Idul Adha tahun ini. Semoga kedepan akan ada kolaborasi dan kejasama Mathla’ul Anwar, Lazis Al Ihsan dan Juleha untuk program selanjutnya,” tandasnya.(Agus Haryadi/NBA/rf)