Gelaran PK Online GPAI Kecamatan Pedurungan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (8/5/2023) Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Pedurungan menyelenggarakan kegiatan Pemetaan Kompetensi (PK) online bagi seluruh GPAI di lingkungan Satuan Pendidikan Kecamatan Pedurungan.

Merujuk pada surat edaran dari Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang dan berdasar surat Dirjen Pendis Kementerian Agama RI Nomor : B-1697/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/04/2023 tanggal 18 April 2023 tentang pelaksanaan PK Online PPKB GPAI, KKG PAI Kecamatan Pedurungan menindaklajuti dengan penyelenggaraan PK Online secara terpusat di SDN Kalicari 01 Semarang.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Korsatpend Kecamatan Pedurungan, Hartini. Sebagai awal sambutannya, mewakili seluruh pegawai Korsatpend, Hartini menyampaikan permohonan kepada GPAI, apabila dalam memberikan pelayanan, melakukan pendampingan, dan memberikan fasilitas, belum sempurna. “Mumpung masih di bulan Syawal, atas nama pegawai Kotsatpend Kecamatan Pedurungan, kami mohon maaf lahir dan batin jika selama dalam melayani, mendampingi dan memfasilitasi Bapak/Ibu semuanya, masih terdapat banyak kekurangan,” ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada Kemenag yang telah memfasilitasi kegiatan PK Online tersebut.

Pada kesempatan itu, Hartini membuka PK Online GPAI.

Pada bagian selanjutnya, Faojin  selaku Pengawas PAI Kankemenag, memberikan gambaran mengenai  tujuan diselenggarakannya PK Online. “Ada 4 tujuan dari penyelenggaraan PK Online. Pertama, untuk mengukur pedagogik yang meliputi perancanaan, metodologi, strategi dan penilaian. Kedua, untuk mengukur profesionalisme. Ketiga, terkait publikasi. Keempat berhubungan dengan pengembangan media,” terangnya.

“Semua GPAI yang mempunyai akun siaga, wajib mengikuti PK Online, nilai akan otomatis muncul setelah pengerjaan selesai. Jika semua peserta mendapatkan nilai 100, maka bisa menjadi Instruktur Nasional (IN),” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, ia juga menyampaikan doa untuk semua GPAI Kecamatan Pedurungan. “Semoga lancar, maksimal dan memberi manfaat untuk kita, peserta didik kita, untuk bangsa dan negara,” ucapnya.

PK Online ini dilaksanakan secara serentak di 109 titik dan dibagi 3 sesi. 31.446 GPAI di Jawa Tengah telah mengikutinya.

Informasi tambahan disampaikan Solikin, Ketua KKG PAI Kec.Pedurungan. “Kegiatan PK Online dilaksanakan secara serentak se-Indonesia, untuk Jawa Tengah dilaksanakan  tanggal  8 Mei 2023. PK Online digunakan untuk memetakan kompetensi guru agama, jika mendapat nilai 70-80 berkesempatan menjadi Instruktur Kota, 80-90 berkesempatan menjadi Instruktur Provinsi dan jika mendapat nilai 90-100 berkesempatan menjadi Instruktur Nasional,” paparnya.

“PK Online bersifat wajib kecuali bagi yang mendesak misalnya, sedang umroh dan lain-lain. Bagi guru bersertifikasi akan di non-aktifkan SIAGA-nya, bagi yang belum sertifikasi akan di blokir SIAGA-nya,  jika tidak mengikuti PK Online,” imbuhnya.

“PK Online di Kecamatan Pedurungan tersebut diikuti sekitar 70 GPAI, bagi GPAI yang mendapatkan grade yang bagus akan diperjuangkan AGPAI untuk bisa ikut PPG terlebih dahulu. Jumlah soal PK Online sebanyak 100 soal dengan jumlah waktu pengerjaan 180 menit,” pungkasnya.(Faojin/NBA/bd)