Guru Diminta Kreatif Tambah Wawasan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Pengawas Madrasah Aliyah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Rr. Dhiah Sefriana berpesan kepada guru MA Tahfidzul Qur’an MBS Moga untuk senantiasa kreatif menambah wawasan dari berbagi sumber termasuk berbagi wawasan. Hal tersebut disampaikannya saat mengisi bimbingan teknis terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di ruang laboratorium komputer MA Tahfidzul Qur’an MBS Moga Kabupaten Pemalang, Sabtu (15/7/2023).

“Guru diharapkan selalu kreatif menambah pengetahuan dari berbagai sumber, saling sharing untuk memperluas wawasan. Semua guru baik yang sebagai fasilitator P5P2RA maupun yang sekarang belum ditugaskan fasilitator saling belajar dan berkreasi, karena kegiatan P5P2RA merupakan hal baru pada Kurikulum Merdeka,” terang Dhiah.

Dhiah menyampaikan pemaparan tentang pemahaman Kurikulum Merdeka dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA). P5P2RA adalah sistem pembelajaran yang bertujuan untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan berdasar potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial. Kemudian disertai dengan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yaitu kemampuan pelajar yang memiliki sikap dan perilaku beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Penjelasan materi disampaikan Dhiah secara runtut dengan guru ikut mempraktikan dalam bentuk tutor. Ia juga memberikan motivasi kepada peserta terkait perkembangan teknologi dalam pembelajaran. Tak lupa kegiatan diskusi dan tanya jawab terkait instrumen dan panduan yang terkait dengan IKM. Dhiah menjelaskan terkait kesulitan guru dalam mengimplementasikan materi terutama di era IKM. (dhiah/fi/rf)