Guru, Pengawas, dan Tenaga Kependidikan Miliki Peran Penting dalam Pendidikan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang, M. Faojin, mengunjungi dan memberikan pembinaan kepada Guru PAI yang bertugas di SD Negeri Korobokan Semarang Barat yang beralamat di Jl. Cokrokembang No. 7 Kec. Semarang Barat, Senin (4/9/2023).

Dalam pembinaannya, M. Faojin menyampaikan, keberhasilan penyelenggaraan PAI yang berkualitas di sekolah berkaitan erat dengan kompetensi dan profesionalitas pendidik, tenaga kependidikan, dan juga pengawas PAI. “Masing-masing memiliki peran strategis dalam menghasilkan output atau mutu Pendidikan Agama Islam di sekolah,” tuturnya.

“Guru PAI bersinggungan langsung dengan siswa, harus memiliki kompetensi dan kapabilitas dalam menyampaikan materi, sehingga mudah dipahami siswa dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kami selaku pengawas PAI juga ikut berperan dalam peningkatakan kompetensi dan profesionalisme GPAI. Selain itu, tenaga kependidikan merupakan bagian dari warga sekolah, yang selayaknya menjadi panutan pula bagi siswa,” imbuhnya.

Oleh karenanya, ia berharap sinergitas diantara ketiganya bisa terjalin dengan baik, agar tujuan terwujudnya PAI yang berkualitas bisa tercapai.

Pada bagian selanjutnya, M. Faojin menrangkan tentang pembelajaran berdiferensisasi Kurikulum Merdeka.(Syukron/Faojin/NBA/bd)