Pembinaan ASN, Kakankemenag Tekankan Etika Birokrasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Menjadi agenda rutin setiap awal bulannya, Kankemenag Kota Salatiga menyelenggarakan Pembinaan ASN di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga. Selain untuk meningkatkan integritas sebagai abdi negara, dalam pembinaan juga disampaikan informasi-informasi terkini terkait dengan tugas dan fungsi ASN.

Bertempat di Halaman Kantor, seluruh pejabat fungsional dan pejabat struktural serta segenap ASN satu atap Kankemenag Kota Salatiga mengikuti Pembinaan ASN yang dikemas dalam giat Apel Pagi pada Senin, (04/09). Hadir Kakankemenag Kota Salatiga, H. Wiharso selaku Pengambil Apel, Kasi/Gara, Kepala KUA, Kepala MAN, Kepala MTsN, dan Kepala MIN.

“Pembinaan ASN hakikatnya adalah meningkatkan integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan sikap keteladanan para ASN. Sebagai insan biasa, tentunya ada rasa jenuh dan lalai dalam bekerja, maka dari itu perlu kita pompa semangatnya, kita teguhkan hatinya agar selalu menjalankan tugas fungsinya sebagai ASN dengan baik,” ujar Wiharso.

Selain itu, Wiharso juga menyampaikan untuk meningkatkan etika birokrasi. Mengutip Dwiyanto, Etika birokrasi harus menempatkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi, kelompok, dan organisasnya. Etika harus diarahkan pada pilihan-pilihan kebijakan yang benar-benar mengutamakan kepentingan masyarakat luas.

“Kita semua adalah aparatur negara, pelayan masyarakat. Sudah menjadi kewajiban kita untuk mendahulukan kepentingan masyarakat dengan memberikan pelayanan terbaik. Saya mohon pegawai KUA beserta para penyuluh untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, jangan lupa budayakan Senyum Sapa Salam Sopan Santun kepada siapapun. Begitu juga untuk layanan PTSP, Seksi Penyelenggaraan Haji Umroh dan semua satker di Kemenag,” pesan Wiharso.

Terkait dengan anggaran, Wiharso menekankan kembali untuk percepatan penyerapan anggaran. Sebelumnya dalam apel juga diserahkan SK Pensiun kepada Aeni Daryati, Guru MTsN yang telah memasuki masa purna tugasnya.(Humas/Sua)