HAB 77  Kemenag Temanggung Terima  Hadiah Hibah Tanah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Bertempat Graha Bhumi Phala Temanggung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar kegiatan tasyakuran dan Do’a Bersama dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke-77 Tahun 2023, Rabu (4/1).

Hadir dalam tasyakuran Bupati Temanggung beserta Forkompinda, Kapolresta, Dandim, Kejaksanaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, DPRD, Kasubsit Sarpras KUA Kemenag RI, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jateng dan  Pejabat Instansi lintas sektoral dari Kabag Kesra Temanggung, Kepala Dinas Kesehatan, Dikpora, DPPKAD, MUI, Baznas,  PCNU, PDM, DMI, BWI, rekanan Bank, Kepala Seksi dan Penyelenggara di lingkungan Kankemenag, Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah, Pengawas Guru Agama,  Kepala TU, Kepala KUA, JFT, seluruh ASN Kankemenag Temanggung, para penerima bantuan serta para pemenang lomba.

Dalam laporannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir  melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari seluruh kegiatan HAB ke 77 Kemenag RI 03 Januari 2023 Tingkat Kabupaten Temanggung, yang dimulai sejak 12 Desember 2022, mulai dari pertandingan, perlombaan yaitu dari cabang seni dan olahraga, lomba anggota DWP ada juga lomba guru berprestasi, kemudian di rangkai dengan khotmil Qur’an dan puncaknya yaitu upacara bendera dalam rangka peringatan HAB ke 77 Kemenag tahun 2023 di Alun-alun Temanggung, dengan inspektur upacara Bapak Temanggung.

Disampaikan lebih lanjut, kegiatan tasyakuran kali ini sangat istimewa, karena  tahun 2022 Kankemenag Kab. Temanggung mendapatkan hadiah istimewa dari Pemerintah Kabupaten Temanggung, berupa hibah lima tanah KUA, yang keseluruhannya hampir 5.000 m2.

“Terimakasih kami ucapkan kepada bapak Bupati dan seluruh jajarannya dan juga sejarah baru bagi saya dimana tasyakuran HAB ke-77 dihadiri langsung oleh bapak Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, bapak H. Musta’in Ahmad dan juga pejabat dari Kemenag Pusat yaitu Kasubdit Sarpras & Sistem Informasi, bapak Jajang Ridwan. Kami mewakili keluarga besar Kankemenag Kab. Temanggung mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas dukungan,“ ucapnya.

Terimakasih juga kepada bapak Kakanwil atas arahan dan bimbingannya dan kita juga dapat melaksanakan tugas instruksi dari bapak Menteri yaitu penguatan moderasi beragama, terimakasih juga untuk FKUB dengan penyuluh lintas agama telah melaksanakan kegiatan-kegiatan terkait lintas agama dan yang spesial ada ketoprak moderasi yang isinya ada guru, penyuluh dari semua lintas agama.

“Ini merupakan miniatur keberagaman dan membuktikan bahwa Temanggung aman serta kondusif dengan adanya keberagaman kerukunan umat beragama,“ ujarnya.

Sementara dalam sambutannya Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jateng, H. Musta’in Ahmad menyampaikan apa yang disampaikan oleh bapak menteri, kami ucapakan rasa hormat dan terimakasih kepada seluruh pemimpin daerah tanpa terkecuali dan seluruh jajaran yang telah bersama-sama dengan Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat. bahwa pada tahun 2022 mendapatkan 22 prestasi yang diterima oleh Kemenag RI baik nasional/internasional diberikan oleh MUI, lembaga masyarakat, maupun oleh kementerian bisa dicapai oleh kebersamaan dan kolaborasi stake holder. Oleh karena itu dalam kesempatan pembukaan HAB, Gusmen menyampaikan kepada kita semua bahwa kita harus bisa mengambil hikmah dan nilai dari setiap peristiwa yang terjadi diusia ke 77, waktu itu disampaikan secara nasional bahwa dengan idiom Jateng, kalau dalam pitologi Jawa 77 itu tujuh-tujuh diharapkan sanggup menggambil hikmah dari simbol 77 ini. 77 itu mudah-mudahan kita mendapatkan petunjuk dan pitulung,

“Semoga doa dari bapak menteri dan do’a kita semua Allah ijabah, Kemenag mendapatkan pituduh dan pitulung. Kita musti sanggup mengelaborasi itu semua, pituduh yang kita harapkan adalah yang pertama yaitu hidayah dari Allah/Tuhan yang Maha Esa. Kemudian, pitulung yang kita harapkan tentu adalah pertolongan dari Allah SWT. Pitulung ini mudah-mudahan kita diberikan kesempatan, kekuatan lahir dan batin untuk mengemban tugas. Pitulung yang kita harapkan pasti juga punya bibit bobot dimensi horisontal yang bermanfaat untuk kemanusiaan,“ ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Temanggung, HM. Al Hadziq menyampaikan atas nama masyarakat Temanggung mengucapkan selamat datang bapak Kakanwil dan Kasubdit Sarpras Kemenag RI serta  mengucapkan selamat atas HAB Kemenag RI ke 77. Semoga HAB menjadi berkah dan manfaat untuk seluruh masyarakat.

Selanjutnya dikatakan HAB merupakan peristiwa penting dalam bangsa Indonesia dalam menjunjung tinggi kaidah-kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama yang merupakan pengamalan dari sila pertama. Sila pertama Pancasila dan sekaligus merefleksikan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Kementerian yang berdiri sejak 03 Januari 1946 saat ini telah tumbuh berkembang menjadi instansi pemerintah yang memiliki peran semakin penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan agama yang toleran dan ramah bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pada masa-masa dimana fragmentasi masyarakat bermunculan, aksi-aksi terorisme dan pemahaman agama yang bertentangan muncul ditengah masyarakat maka Kementerian Agama berada di garis paling depan untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan tentang tatanan beragama.

“Selaras dengan itu, maka HAB ke 77 yang mengusung tema Kerukunan Umat untuk Indonesia  Hebat tentunya sejalan dengan potret kehidupan keberagaman di Indonesia khususnya di Kab. Temanggung tercinta,“ tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan di Temanggung sudah mencerminkan potret kerukunan beragama, oleh karena itu dengan adanya HAB ke 77 ini kita terapkan kehidupan yang toleran dan saling bersaudara satu dengan lainnya. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini Pemerintah Kab. Temanggung menyatakan akan selalu bersama-sama dengan Kementerian Agama dalam memikul tanggung jawab bersama agar timbul kehidupan yang harmonis antara satu elemen masyarakat dengan elemen masyakarat lainnya. “Pemerintah Kab. Temanggung salalu mendukung dengan salah satunya dengan memberikan hibah tanah kepada Kemenag Kab. Temanggung, untuk pembangunan KUA di lima Kecamatan,“ pungkasnya.(sr/rf)