Penanaman Pohon Kalpataru dalam Bakti Sosial Kemenag Kabupaten Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Salah satu agenda kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang di Desa Bateh Kecamatan Candimulyo pada Rabu, (28/12/2022) adalah penanaman pohon.

Penanaman pohon demi melestarikan alam dilakukan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang, Camat Candimulyo, Danramil Candimulyo dan Kapolsek Candimulyo. Pohon yang ditanam adalah pohon kalpataru.

Secara ilmiah pohon kalpataru merupakan salah satu pohon yang berasal dari Family Moraceae Genus Ficus dengan nama ilmiah Ficus Religiosa. Pohon kalpataru lebih dikenal sebagai Bodhi oleh masyarakat Indonesia, sementara dalam bahasa Inggris pohon kalpataru disebut sebagai wisdom tree yang artinya pohon yang penuh kebijakan. Namun secara harfiah pohon kalpataru berasal dari bahasa sansekerta yakni gabungan kata kalpa dan taru yang berarti pohon pengharapan.

Pohon yang penuh filosofi tersebut menggambarkan bahwa kegiatan tersebut juga berharap mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat bateh dan sekitarnya selain untuk pelestarian alam.

Rangkaian bakti sosial lainnya pembagian sembako 200 bingkisan sembako dengan total lima puluh juta rupiah, sepuluh juta untuk zakat produktif, beasiswa sekolah untuk 9 Madrasah Ibtidaiyah (MI) masing-masing 5 juta, tebar benih ikan dan penjualan baju layak pakai untuk donasi.

Pembagian Sembako, zakat produktif serta beasiswa sekolah disampaikan langsung oleh Kepala Kantor, kasubag TU, Kasi dan penyelenggara Kemenag Kabupaten Magelang kepada masyarakat.

Dalam agenda bakti sosial tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Dr. H. Panut, S.Pd, MM memberikan motivasi dan spirit bagi desa bateh untuk pengentasan stunting. “InshaAllah kami tidak akan berhenti sampai disini, kita akan lanjutkan kegiatan pengentasan stunting dibantu oleh penyuluh Kemenag Kabupaten Magelang serta untuk UMKM kita akan agendakan,” ungkapnya.(FS/Sua)