HAB Diimbau Jadi Momentum Perkuat Ukhuwah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Dalam rangka menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama, Kankemenag Kota Semarang menggelar Khotmil Quran, Istighosah, dan Doa Bersama, Rabu (28/12/2022).

Kegiatan Khotmil Quran dan Istighosah diikuti oleh ASN dan nonASN muslim di lingkungan Kankemenag Kota Semarang, sedangkan dalam acara Doa Bersama, seluruh ASN turut dalam kegiatan tersebut, baik muslim maupun nonmuslim.

Suasa khidmat begitu kental terasa ketika lantunan ayat-ayat Alquran membahana di aula Kankemenag Kota Semarang, ditambah dengan busana putih-putih yang dikenakan oleh peserta kegiatan.

Mukhlis Abdillah, Kakankemenag Kota Semarang, dalam sambutannya menyampaikan, peringatan HAB diharapkan menjadi sarana memperkuat silaturahmi antar keluarga besar Kemenag Kota Semarang, serta menjadi spirit dalam peningkatan kinerja ASN. “Peringatan HAB sebagai sarana meningkatkan ukhuwah sekaligus momentum untuk meningkatkan pelayanan kita, berbenah diri dengan berbagai kegiatan,” tuturnya.

Ia berharap, dengan memperingati HAB ke-77, Kemenag Kota Semarang menjadi lebih berprestasi dan lebih baik lagi.

Dalam kesempatan itu, Mukhlis Abdillah menandaskan, Kemenag adalah instansi pemerintah yang menaungi semua agama yang diakui oleh negara. “Kementerian Agama bukan ansih milik agama Islam, tetapi menaungi berbagai agama yang diakui oleh negara,” tandasnya.

“Perbedaan itu sunatullah yang harus kita terima. Sebagai ASN Kemenag, perbedaan itu justru menjadi modal untuk mewujudkan Indonesia hebat baldatun thoyyibatun,” ujarnya.

Ia mengingatkan, perbedaan tidak perlu disikapi berlebihan, tetapi dijadikan kemaslahatan bersama sebagaimana tema HAB ke-77, KerukunanUmat untuk Indonesia Hebat. Menurutnya, CAT IPMB yang telah dilaksanakan oleh Kemenag RI secara serentak se-Indonesia tidak hanya untuk mengetahui tingkat profesionalisme ASN Kemenag dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tetapi juga untuk mengukur seberapa moderatnya ASN di lingkungan kerjanya.(Hanum/NBA/bd)