Hadapi Akhir Tahun Anggaran, Satker Susun Rencana Penarikan Dana

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Riyatiningsih bendahara Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menyampaikan permohonan pengiriman Rencana Penarikan Dana (RPD) bulan November-Desember 2022 dari masing-masing satuan kerja (satker). Hal ini ia sampaikan melalui whatsapp group (WAG) pengelola keuangan dan pelaksana kegiatan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Rabu (2/11/2022).

Yati, panggilan akrab wanita kelahiran Cilacap 51 tahun lalu ini menuturkan, RPD dimaksudkan sebagai salah satu upaya langkah strategis menghadapi akhir tahun anggaran.

“Mohon kepada masing-masing satker menyusun RPD bulan November dan Desember 2022. Penarikan dananya mohon dibuat per hari atau sesuai tanggal penarikannya, dan mohon untuk bisa segera dikirimkan kepada bendahara sebelum 5 November 2022, karena data tersebut harus kami input dalam aplikasi SAKTI,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, ia mengimbau kepada satker untuk meningkatkan akurasi proyeksi pengeluaran bulan November dan Desember 2022. “RPD yang telah dibuat tersebut, tolong dipedomani, baik dari jumlah nominal maupun tanggal penarikannya. Usahakan seakurat mungkin, sehingga tidak terjadi pergeseran,” terangnya.

Yati menyampaikan, meskipun RPD adalah hal yang bersifat rutin dilakukan dalam pengelolaan anggaran, terlebih menjelang akhir tahun anggaran, tetapi hal ini harus menjadi perhatian dari seluruh pengelola keuangan dan pelaksana kegiatan, agar tidak terjadi kendala dalam pencairan anggaran. “Mari kita tingkatkan kedisiplinan kita dalam mengelola anggaran. Semoga Allah memberikan kemudahan, dan semuanya berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama,” tuturnya.

Imbauan ini pun segera direspon oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan, dan pengelola kegiatan DIPA. Masing-masing segera menyusun RPD untuk diserahkan kepada bendahara.(NBA/bd)