Haflah Akhirussanah dan Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 6 MI. Futuhiyah Palebon Berjalan dengan Khitmad

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, 10 Juni 2023

Acara perpisahan sekolah menjadi agenda tahunan yang rutin digelar setiap momen kelulusan. Selain melepas siswa tingkat akhir untuk memasuki jenjang pendidikan yang baru, acara ini juga menjadi wadah untuk menunjukkan potensi diri siswa.

Setelah pengumuman kelulusan siswa – siswi kelas 6 MI Futuhiyyah Palebon Semarang mengadakan acara Haflah Akhirussannah dan Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 6

Haflah akhirussanah sendiri memiliki artinya adalah perayaan akhir tahun santri atau siswa yang telah selesai menjalani pendidikan. Haflah akhirussanah juga menjadi pertanda telah berakhirnya tahun pelajaran.

Acara Haflah Akhirussannah dan Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 6 yang dilaksanakan Sabtu, 10 Juni 2023 di aula MI. Futuhiyyah Palebon itu dihadiri oleh segenap pengurus Yayasan, Komite Madrasah, Seluruh dewan guru, seluruh wali murid kelas 6 dan seluruh peserta pelepasan. Acara tersebut di mulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ananda Ahmad Firja Maulana dan saritilawah oleh Ananda Naura Tsabita Sugiarto Putri itu berjalan lancar dan khidmad

Sari Pusdikawati salah satu wali murid dari siswa kelas 6 yang sekaligus menjadi ketua panitia acara haflah akhir sanah tersebut mengatakan; kami atas nama panitia dan sekaligus wakil dari seluruh wali murid kelas 6 MI. Futuhiyyah Palebon, mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru MI. Futuhiyyah Palebon yang telah mendidik putra – putri kami selama 6 tahun lamanya, sehingga pada hari ini mereka dapat menyelesaikan kegiatan belajar mengajarnya di Madrasah Ibtidaiyyah Futuhiyyah Palebon ini, dan kami mohon do’a selepas lulus dari MI. Futuhiyyah Palebon ini putra putri kami dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dan sebagai informasi perlu kami sampaikan bahwa putri kami saat ini sudah mendaftar, mengikuti seleksi dan Alhamdulillah telah diterima di Yanbu’ul Qur’an Cabang Kudus.

Sementara itu, Zainal Arifin selaku wali kelas 6 berpesan kepada siswa – siswi agar terus belajar dengan sungguh – sungguh di pendidikan jenjang selanjutnya, lanjutkanlah ke madrasah atau pondok pesantren, jika harus melanjutkan ke sekolah umum jangan lupa diikuti dengan belajar agama, mengaji, baik di majlis ta’lim, madin atau pondok pesantren. Kemudian ia juga berpesan jadilah anak yang memiliki sifat jujur dan jangan pernah tinggalkan sholat, kapanpun, dimanapun kalian berada dan bagaimanapun kondisinya.

Kepala MI Futuhiyyah Palebon Semarang Slamet Agus Wahid dalam sambutannya mengatakan; bahwa siswa – siswi MI. Futuhiyyah Palebon pada Tahun Pelajaran 2022 / 2023 ini telah lulus 100 %, maka dari itu pada hari ini siswa – siswi akan kami lepas dan kami serahkan kembali ke kedua orangtuanya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dalam sambutannya ia pun berpesan kepada siswa – siswi yang telah dinyatakan lulus; “anak – anakku, saat ini kalian telah lulus dari MI. Futuhiyyah Palebon, dengan lulusnya kalian dari sini, bukan berarti selesai bagi kalian untuk belajar, tapi justru ini adalah langkah awal untuk lanjutkanlah ke penidikan yang lebih tinggi, carilah ilmu yang setinggi – tingginya, karena dengan ilmu kalian akan hidup bahagia, ia pun mengutip sebuah sabda rasulullah Muammad SAW :

من أراد الدنيا فعليه بالعلم، ومن أراد الآخرة فعليه بالعلم، ومن أراد هما فعليه بالعلم  

Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan di dunia maka harus dengan ilmu, barang siapa yang menginginkan kebahagiaan di akhirat maka harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kedua – duanya (bahagia dunia dan akhirat) maka juga harus dengan ilmu.

Maka untuk itu, carilah ilmu yang setinggi – tingginya teruslah belajar, belajar dan belajar. Semoga ilmu yang kalian dapatkan menjadi ilmu yang bermanfaat, menjadi putra – putri yang sholih dan sholihah.

Mudjab selaku ketua YPI. Futuhiyyah Palebon mengatakan; kami segenap yayasan mengucapkan selamat atas kelulusan siswa – siswi MI. Futuhiyyah Palebon, dan kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan bapak/ibu yang telah menyekolahkan putra – pu–rinya di MI. Futuhiyyah Palebon. Perlu kami sampaikan bahwa YPI. Futuhiyyah Palebon ini memiliki tiga jenjang lembaga pendidikan, yaitu; RA, MI dan MTs untuk itu setelah lulus dari MI. Futuhiyyah Palebon ini kami berharap untuk bisa melanjutkas ke MTs Futuhiyyah Palebon dan jika anak – anak yang lulus ini memiliki adik usia sekolah bisa di masukkan ke RA atau MI. Futuhiyyah Palebon.

Dalam acara tersebut juga ditunjukkan penampilan siswa – siswi yang telah dinyatakan lulus; diantaranya pidato perpisahan yang dibawakan oleh Aini Lathifa Surya,  lagu perpisahan oleh seluruh siswa – siswi, Puisi perpisahan oleh Muhammad Syauqi Afiq yang disambung oleh Nur Hidayah salah satu guru MI. Futuhiyyah Palebon, yang sangat mengharukan sehingga membuat yang hadir ikut menitikkan air mata.

Acara tersebut ditutup dengan pelepasan siswa – siswi kelas 6 dengan ditandai pengalungan tanda lulus serta foto bersama seluruh siswa. (RNF/SAW)