Hari Pertama PAT Daring MTs Negeri 3 Banjarnegara Berjalan Tertib dan Lancar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Penilaian akhir tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan pada akhir semester rata-rata untuk mengukur prestasi siswa. Lingkup penilaian PAT mencakup semua indikator yang mewakili kemampuan dasar (KD) selama semester genap. Hasil penilaian akhir tahun kemudian diolah dan dianalisis untuk menentukan integritas ketuntasan akademik peserta didik, yang selanjutnya dapat digunakan untuk mengisi nilai laporan hasil belajar dan lainnya.

Di masa pandemi saat ini, PAT harus tetap menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan kenaikan kelas peserta didik. Pelaksanaan PAT di MTs Negeri 3 Banjarnegara selama dua tahun terakhir dilaksanakan secara online. Pada tahun ajaran 2021/2022 MTs Negeri 3 Banjarnegara menyelenggarakan PAT kelas VII dan VIII secara online juga, namun peserta tes mengerjakan ujian online dengan berada di sekolah dan tetap mematuhi protokol kesehatan, Senin (30/05).

Natir selaku kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara menyampaikan, PAT hari pertama berjalan tertib, aman, dan lancar.

“PAT merupakan tahap akhir dalam menyelesaikan proses pembelajaran selama satu tahun di jenjang kelas yang sedang diduduki. Untuk hari pertama pelaksanaan PAT di MTs Negeri 3 Banjarnegara terpantau berjalan tertib, aman, dan lancer walau ada beberapa siswa terkendala dalam mengerjakan namun bisa teratasi dan semoga PAT tahun ini bisa berjalan dengan lancer dan sukses sampai hari terakhir pelaksanaan,”terangnya.

Akhun Sobari selaku Waka Kurikulum menyampaikan, kegiatan PAT dilaksanakan selama tujuh hari.

“Kegiatan PAT di MTs Negeri 3 Banjarnegara berlangsung selama tujuh hari, Mulai pagi ini senin 30 Mei 2022 dan berakhir nanti pada 7 Juni 2022. Pelaksanaan PAT tahun ajaran 2021/2022 dilakukan secara online menggunakan platform Google Form dengan alasan mudah digunakan dan tidak banyak memakan kuota internet peserta ujian,”terangnya. (ar/ak/rf).