Hindari Penumpukan Kegiatan di Akhir Tahun

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Muslim Umar menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kankemenag Wonogiri Tahun 2017 serta Rakor Evaluasi Kegiatan DIPA Tahun 2016 dan Penyerahan DIPA tahun 2017, Senin (09/01) di Ruang Rapat Kankemenag setempat.

Muslim Umar menyampaikan bahwa setiap selesainya kegiatan yang bersumber dari dana DIPA harus di lakukan evaluasi, sehingga semua kegiatan dapat menjamin bahwa pelaksanaannya sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, serta untuk mengenali dan mengatasi permasalahan dan kendala yang timbul dalam pelaksanaan kegiatan  baik secara administrasi, keuangan maupun fisik.

Evaluasi sebagai bahan perbaikan pelaksanaan  pada  tahun  berikutnya dengan sasaran untuk meningkatkan kinerja para pengguna anggaran agar pelaksanaan program kegiatan yang dilaksanakan mencapai hasil yang optimal,  tepat mutu, tepat waktu, tepat manfaat dan tertib administrasi.

Semua Seksi dan Satuan Kerja di Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri harus membuat perencanaan yang matang, pelaksanaan yang transparan dan pelaporan akuntabel. Diharapkan kegiatan yang tertunda hendaknya dilakukan kordinasi yang efesien, perkuat sinergisitas demi terwujudnya pelaksanaan DIPA yang berdaya guna, bermanfaat, tepat sasaran,  tepat mutu, tepat waktu dan bisa di pertanggungjawabkan.

Beliau mengingatkan beberapa hal penting untuk merencanakan dan membuat skala prioritas dalam melaksanakan DIPA antara lain,  semua satker hendaknya membuat jadwal kegiatan sebelum pelaksanaan DIPA sesuai hasil telaah dan koordinasi masing-masing seksi dan Subbag TU, melakukan identifikasi jenis kegiatan sebaga dasar skala prioritas dalam pelaksanaan kegiatan.

“Laksanakan program-program yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, laksanakan dengan baik, serta mentaati peraturan yang berlaku,” pinta Muslim.

Pelaksanaan DIPA Kementerian Agama tahun 2017 menurut Muslim Umar  agar didasari lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan.

Untuk itu selalu meningkatkan koordinasi dan konsultasi utamanya dengan dengan Perencana baik secara internal maupun dengan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan anggaran yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Sedangkan Kasubbag TU, Fatonah menyampaikan himbauan agar laporan kegiatan DIPA Tahun 2016 untuk segera diselesaikan. Agar para Kasi / PPK untuk melakukan penjadwalan kegiatan, sehingga tidak terjadi penumpukan kegiatan di akhir tahun. Jadi dengan adanya penjadwalan, kegiatan akan berjalan lancar dan terencana. (Mursyid_Heri/gt)