HSN 2023 dan Jihad Santri untuk Negeri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang gelar apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 di Halaman Kantor setempat, Minggu, (22/10/2023).

Bertindak sebagai pembina apel adalah Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Zulkifli, yang dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Agama RI bertema Jihad Santri Jayakan Negeri.

“Bahwa tema Jihad Santri Jayakan Negeri,yang kami angkat pada peringatan Hari Santri kali ini, memiliki makna yang mendalam. Kata “jihad” dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri,” katanya.

Oleh karenanya, sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban untuk memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari.

“Hari ini, kita akan merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan agar dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa,” lanjut Zulkifli.

Apel peringatan HSN Tahun 2023 jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang diikuti oleh pejabat struktural, pengawas PAI, pengawas madrasah, kepala KUA kecamatan, penyuluh Agama fungsional dan PPPK serta seluruh ASN satu atap.

Dalam apel, diserahkan pula dua piagam ijin operasional Pondok Pesantren baru di Kabupaten Semarang, yakni Pondok Pesantren An Nur Kecamatan Pabelan dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Imam Syafi’i Sulaimaniyah Kecamatan Suruh.(shl/Sua)