Ibu adalah Madrasah Pertama bagi Generasi Penerus Bangsa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Dharma Wanita Persatuan (DWP) memiliki peran penting dalam pembentukan karakter generasi penerus bangsa. Hal tersebut dituturkan oleh Mukhlis Abdillah Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, yang disampaikannya pada pertemuan halal bi halal pengurus dan anggota DWP di MTsN 1 Kota Semarang.

Dalam kegiatan tersebut Mukhlis mengimbau kepada peserta kegiatan yang notabenenya kaum wanita dan ibu, untuk bisa menjadi wanita yang tangguh dan menjadi suri tauladan bagi putra-putrinya. “Ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya, maka seorang ibu harus memperhatikan kecerdasannya. Tidak hanya otak kirinya yang tumbuh baik, tetapi otak kanannya juga perlu dikembangkan, terutama diisi dengan ilmu agama,” tuturnya.

Menurutnya, anak adalah peniru yang baik, maka apa yang dilihat itulah yang ia lakukan, oleh karenanya ia mengimbau kepada DWP untuk bisa membekali ilmu agama kepada anak-anak melalui pembiasaan. “Anak-anak yang beragama Islam tentunya kami berharap menjadi anak-anak yang cinta dan bisa membaca Alquran. Untuk itu biasakanlah membaca Alquran setiap hari di rumah,” imbaunya 30/5/2022.

Pada kesempatan ini ia menyampaikan pesan pula pentingnya mewariskan 3 kecerdasan kepada anak, yaitu kecerdasan intelektual, rohani dan emosional/sosial. “Dengan ilmu, hidup lebih mudah. Dengan seni, hidup lebih indah. Dengan agama, hidup lebih terarah,” pesannya.

Pesan lain yang ikut ia sampaikan dalam pertemuan tersebut adalah peran DWP dalam ikut mensukseskan program prioritas Kemenag, seperti penguatan moderasi beragama dan tahun toleransi.(Hanum/NBA/bd)