Intip Fungsi Badan Wakaf Indonesia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Jumat (13/10/2023), Ahmad Farid selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang bertandang ke Ruang Lokakrida Lt. 8 Gd. Moch. Ichsan Balaikota Semarang untuk menyaksikan pengukuhan Pengurus Perwakilan Badan Wakah Indonesia (BWI) Kota Semarang Prov. Jateng Masa Jabatan 2023-2026.

Mengawali kegiatan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Semarang, Moh Erfan Soebahar, memimpin doa.

Dalam kegiatan itu, pengurus tersebut dikukuhkan oleh Komisioner BWI Divisi Humas, Sosialisasi, dan Literasi, Susono Yusuf. Dalam sambutannya, Susono menandaskan tusi BWI. “Badan Wakaf Indonesia adalah lembaga independen negera non struktural atau non kementerian. BWI lahir bukan untuk mengambil alih aset-aset yang ada di masyarakat, tetapi justru untuk melindungi aset-aset wakaf di tengah masyarakat,” tuturnya.

Ia menerangkan, kehadiran BWI untuk mengurus tanah-tanah wakaf yang lupa diurus dengan baik, agar asetnya tidak hilang.

Susono berharap, Pengurus Perwakilan BWI Kota Semarang bisa melakukan percepatan pensertifikatan aset harta benda wakaf di Kota Semarang, dengan target realisasi di tahun 2023 sebesar 90%, karena jika tidak segera dilaksanakan akan berpotensi menimbulkan konflik. “Melalui tanah wakaf, kita bisa mensyiarkan Islam kepada umat,” ujarnya.

Pada bagian lain, Susono mengatakan, tugas BWI tidak hanya melindungi aset harta benda wakaf, tetapi juga menggencarkan penguatan literasi wakaf, terutama wakaf produktif yang konsentrasinya melalui wakaf uang. “Wakaf jika dikelola dengan baik akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, disinilah peran BWI. Konsep wakaf dalam Islam itu luar biasa, karena wakaf produktif memberikan kemanfaatan yang abadi, bahkan konsep wakaf ini banyak diadopsi oleh lembaga-lembaga pendidikan di luar negeri,” ungkapnya.

Menurutnya, BWI mendapatkan tantangan, bagaimana menggeser potensi wakaf yang besar menjadi kekuatan yang nyata di masyarakat.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin, mewakili Walikota Semarang, yang menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru saja dikukuhkan.

Pengukuhan tersebut turut disaksikan oleh Wakil Ketua Badan Pelaksana dan Divisi Pembinaan Nazhir  dan Pengelolaan Wakaf Perwakilan BWI Prov. Jateng, Kepala Kantor Pertanahan Kota Semarang, Camat, Kepala KUA Kecamatan, Pimpinan Ormas dan Lembaga Keagamaan Islam se-Kota Semarang.(Arya/Faiq/Nba/bd)