Intip Persiapan Musim Haji 1445 H, Kemenag Wonosobo Maraton Pelaksanaan Manasik Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo (Humas) – Jelang musim pemberangkatan haji tahun 1445M/2024 M, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh Kankemenag Kab. Wonosobo melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) salah satunya yaitu manasik haji. Mengingat waktu sudah mendekati pemberangkatan yang dijadwalkan akan terbang pada Mei mendatang. Rabu (17-04-2024) tadi Seksi PHU menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan manasik haji tingkat Kabupaten Wonosobo maupun tingkat Kecamatan.

Rapat berlangsung di Aula PLHUT Kankemenag setempat, dihadiri oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo, Kasubag TU serta Kasi dan Penyelenggaran, dan dihadiri oleh sejulah ASN/non ASN terkait dengan total jumlah peserta rapat yakni 37 orang.

Rapat digelar dalam rangka menyelaraskan langkah-langkah persiapan yang akan dilakukan dalam menyambut musim haji tahun ini yang diawali dengan manasik haji tingkat Kabupaten Wonosobo tahap 1 yang dicanangkan akan dilangsungkan pada hari Kamis, (18-04-2024) esok.

“Insyallah besok pada hari Kamis 18 April 2024 akan dilakukan manasik haji tahap 1 tingkat Kabupaten Wonosobo yang juga akan membuka rangkaian manasik lainnya di tingkat Kecamatan,” terang Nawawi selaku Kasi PHU.

Adapun agenda penting yang akan dilaksanakan sebagai pra pemberangkatan calon jemaah haji tahun 1445 H yaitu pada tanggal 18 April 2024 adalah Manasik Haji tingkat Kabupaten tahap 1, tanggal 22 sampai dengan 27 April 2024 manasik haji tingkat Kecamatan yang dibagi menjadi 6 titik yaitu gabungan Kecamatan Wonosobo dan Kecamatan Watumalang, gabungan Kecamatan Kertek dan Kalikajar, gabungan Kecamatan Sapuran dan Kepil, gabungan Kecamatan Kalibawang, Kaliwiro dan Wadaslintang, gabungan kecamatan Selomerto, Leksono dan Sukoharjo dan gabungan antara Kecamatan Mojotengah, Garung dan Kejajar.

“Untuk manasik tingkat Kabupaten tidak ada praktek ibadah, nanti praktek ibadah akan difokuskan pada manasik tingkat Kecamatan yang dibagi menjadi 6 titik selama 6 hari berturut-turut,” imbuhnya.  

Nawawi menambahkan, untuk pelaksanaan manasik tahap 2 sekaligus pelepasan calon jemaah haji oleh Bupati Wonosobo akan dilaksanakan pada tanggal 30 April 2024 mendatang, sebelumnya pada tanggal 29 April juga akan dilangsungkan bimbingan pemantapan ketua rombongan dan ketua regu yang akan dilaksanakan di Aula PLHUT Kankemenag Kab. Wonosobo.

Hal lain Nawawi sampaikan terkait jumlah Calon Jemaah Haji asal Wonosobo yang sudah melunasi biaya haji yaitu sejumlah 677 namun satu calon jemaah meninggal usai melakukan tes kesehatan dan pelunasan sehingga tercatat sejumlah 676 calon jemaah haji.

“Untuk Kloter akan dibagi menjadi tiga kloter yaitu kloter 12, 13, dan 14. Namun untuk jumlah CHJ dalam setiap kloter belum dipastikan karena masih dalam tahap pembagian kloter,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut Kakankemenag Kab. Wonosobo, Panut, dalam sambutannya berpesan kepada seluruh petugas yang dilibatkan agar menjaga kesabaran dan keikhlasan dalam melayani masyarakat lebih laji CJH atau calon tamu Allah.

“Panjangkan lagi ususnya, artinya panjangkan sabarnya karena yang kita layani ini adalah calon tamu Allah, lebih lagi usia mereka yagn sudah tidak lagi muda maka perlu dilayani sepenuh hati,” pesannya.

Ia berharap pelaksanaan manasik baik tingkat Kabupatenn maupun Kecamatan dapat berjalan dengan lancar.(Ps-w/Sua)