Jalan Sehat Sambut Penilaian Akhir Tahun (PAT) Dengan Semangat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Peserta didik kelas VII dan kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Semarang mengikuti jalan sehat dengan penuh semangat dan riang gembira (Sabtu, 28/05/2022) sebelum jam pertama pembelajaran. Selain diikuti peserta didik, guru dan pegawai juga ikut jalan sehat. Wali kelas berjalan di sebelah kanan barisan peserta didik yang menjadi perwaliannya. Rute yang dilewati start dari madrasah sampai perempatan RSWN Wongsonegoro belok ke kiri masuk perumahan Tulus Harapan. Lalu belok ke kiri lewat jalan Ketileng sampai jalan raya Fatmawati belok ke kiri sampai halaman MTs Negeri 1 Kota Semarang lagi. “Jalan sehat ini diikuti siswa kelas VII dan kelas VIII guna menyambut PAT Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Selama pandemi covd-19 anak-anak tidak ada kegiatan jalan sehat. Sekarang diadakan karena pandemi sudah mereda. Semoga ke depannya kegiatan semacam ini lebih leluasa sehingga setiap bulan minimal satu kali diadakan jalan sehat. Selain itu jalan sehat diadakan lebih fresh dalam menghadapi PAI yang mulai hari Senin tanggal 30 Mei 2022 nanti,” tandas H. Marjoko selaku Waka. Kurikulum.

Sebelum jalan sehat dimulai terlebih dahulu anak-anak diumumkan lewat pengeras suara oleh Pembina OSIS, H. Asyhar Ulinnuha Arif. “Anak-anak harap berkumpul di halaman urut perkelas dari kelas VIIA disambung kelas berikutnya dan didampingi wali kelas masing-masing. Berjalan dan berbaris tertib di jalan raya, tidak boleh mengganggu lalu lintas. Ikuti aba-aba dari wali  kelas masing-masing,” kata Pembina OSIS.

H. Kasturi, selaku Kepala Madrasah menuturkan “Jalan sehat seperti ini perlu diadakan setiap bulan sekali. Nanti kalau keadaan memungkinkan akan diadakan perbulan agar anak-anak, guru dan pegawai sehat selalu. Karena akan berkeringat dan hati senang. Insya Allah.” Demikian tutur beliau.

Salah satu peserta didik kelas 7E bernama Nayla Rahmatia menyampaikan kegembiraannya diadakan jalan sehat. “Saya senang sekali ada jalan sehat  karena selain menyehatkan juga bisa bertemu dengan teman-teman dari kelas lain. Kalau bisa diadakan sebulan sekali dan setiap jalan sehat didampingi wali kelas agar teman-teman jalannya lebih teratur karena kalau tidak teratur akan ditegur wali kelas.” Peserta didik yang lainnya kebanyakan juga senang diadakan jalan sehat. Setelah jalan sehat dilanjutkan aktifitas belajar mengajar seperti setiap hari. Semua berjalan lancar dan menyenangkan. Semoga pandemi covid-19 segera berlalu sehingga aktifitas olah raga seperti jalan sehat kembali leluasa tanpa halangan yang berarti. Madrasah sehat adalah madrasah yang lingkungannya bersih dan warganya sehat lahir batin. Agar menjadi sehat lahir dengan berolah raga termasuk jalan sehat. Kesehatan lahir sangat mempengaruhi kesehatan batin. Al-aqlussalim fil jismissalim (Akal yang sehat terdapat badan yang sehat),“Mens Sana In Corpore Sano”. Semoga benar-benar terwujud menuju madrasah sehat, mandiri dan perprestasi. (Humas Emtessa/bd)