Jamaah Haji Kota Semarang Harus Bercita Rasa Indonesia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Mukhlis Abdillah Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada calon jamaah haji (calhaj) untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Hal ini disampaikannya dalam gelaran Bimbingan Manasik Haji II Tingkat Kota Semarang, Rabu (1/6/2022).

Bertempat di aula kampus 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, kegiatan diikuti oleh 908 calhaj Kota Semarang.

Pada bagian lain, Mukhlis Abdillah menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan manasik haji dimaksudkan untuk menjadikan jamaah haji Kota Semarang yang mandiri, khusyuk dalam beribadah, serta menjadi haji yang mabrur.

Ia pun berharap calhaj Kota Semarang dapat membawa nama baik Indonesia. “Ibadah haji tidak hanya ibadah rohani, tetapi juga ibadah fisik. Oleh karenanya, kami harap Bapak/Ibu selalu menjaga kesehatan. Selain itu juga membawa nama baik negara Indonesia terlebih sebagai warga Kota Semarang,” tuturnya.

“Jamaah haji Indonesia harus memiliki harga diri dan rasa Indonesia, yaitu memiliki rasa empati, simpati dan tradisi yang baik,” imbuhnya.

Tak lupa ia juga menyampaikan pesan kepada calhaj Kota Semarang untuk turut mendoakan kepada Pemerintah Kota Semarang agar dapat mewujudkan cita-cita dalam upaya menjadikan Semarang Lebih Hebat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Walikota Semarang yang turut memberikan sambutan dan doa restu kepada calhaj Kota Semarang.

Selain itu, hadir pula Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Jateng dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, untuk menyampaikan materi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H. Tamu undangan lain yang turut dalam gelaran tersebut yaitu, Ketua Forum Komuniksi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FKKBIH) Kota Semarang, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) se-Kota Semarang, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Semarang, dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Semarang.(Arya/NBA/bd)