Jawa Tengah Siap Pertahankan Juara Umum pada MQKN 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print


Lamongan (Humas)-
Setelah enam tahun vakum karena pandemi covid-19 kafilah Jawa Tengah siap untuk menjadi juara umum dalam Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) Tingkat Nasional ke-VII tahun 2023 yang digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Drajat, Lamongan Jawa Timur pada 10-18 Juli 2023.

MQKN Tahun 2023 bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam bersumber kitab kuning sebagai bagian dari proses kaderisasi ulama dan tokoh masyarakat di masa depan, dan terjalinnya silaturahmi antar pondok pesantren seluruh Indonesia dalam rangka terwujudnya persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam moment pembukaan MQKN Tahun 2023 pada (11/7) di Ponpes Sunan Drajat, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng hadir dan memberikan semangat kepada kafilah Jawa Tengah dan berharap yang terbaik untuk nama baik Jawa Tengah.

“Saya berharap dalam moment MTQ tahun ini Jateng dapat mempertahankan juara umum, dan persiapan yang cukup dapat membuahkan hasil yang baik sebagai syiar agama,” ujar Musta’in

Mendukung hal tersebut Kabid PD Pontren Kanwil Kemenag Prov. Jateng Muhtasit optimis untuk mempertahankan juara umum.

“Proses yang kami lakukan adalah melakukan penguatan seleksi di setiap pesantren di Jawa Tengah baik muadalah, pesantren salaf dan pesantren perpaduan. Berikutnya kami mencoba mengakomodir seluruh pesantren di Jawa Tengah dan mempertimbangkan rekomendasi dari dewan hakim Jawa Tengah, ujar Muhtasit.

Dalam moment MTQ tahun ini Jawa Tengah mengirimkan 70 peserta dari berbagai Ponpes di Jawa Tengah dan sudah dilakukan keabsahan pada Selasa, (11/7). (b/rf)