Jelang Kompetisi, Siswa Madrasah Diharapkan Mampu Bersaing dan Menjadi Bibit Unggul

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Kanwil Kemenag Prov. Jateng melalui Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) menggelar Rapat Koordinasi Persiapan KSM dan MYRES 2024 yang diikuti oleh 900 Peserta melalui zoom Meeting pada Senin, (10/6/2024).

Kabid Penmad Ahmad Faridi dalam laporannya  menyampaikan bahwa rapat ini bertujuan untuk mempersiapkan bibit unggul pada kompetisi mendatang.

Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dimulai pendaftaran pada tanggal 7 – 23 Juni 2024. Sedangkan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) pada tanggal 27 Mei – 26 Juni 2024.

“KSM tahun ini berbeda dengan sebelumnya, jika ditahun lalu KSM dilaksanakan individu namun di tahun ini KSM ada kategori tambahan yaitu berkelompok (beregu) yang meliputi satu tim terdiri dari 3 orang. Disamping itu kita juga akan menggunakan Merit Sistem, jadi siswa yang masuk ranking 10 besar juga akan mengikuti KSM tingkat nasional,” kata Faridi.

“KSM tidak hanya di ikuti oleh madrasah saja tetapi sekolah dibawah naungan Kemdikbudristek juga bisa mengikuti,” imbuhnya.

Tak hanya itu, dalam kegiatan Olimpiade Sains Madrasah (OSN) 2024 yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek, Faridi juga menyampaikan bahwa sebanyak 59 siswa perwakilan dari 24 Kab/kota masuk pada OSN Tingkat Provinsi.

“Dari 59 siswa tersebut terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) 16 siswa dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) ada 43 siswa baik madrasah swasta maupun negeri,” ungkapnya.

Siswa yang masuk menjadi perwakilan dari 24 kab/kota tersebut yaitu dari Kab. Kudus, Kab. Demak, Kab. Jepara, Kab. Temanggung, Kab. Kebumen, Kab. Pekalongan, Kab. Purbalingga, Kab. Tegal, Kota Pekalongan, Kota Salatiga, Kab. Brebes, Kab. Gobogan, Kab. Karanganyar, Kab. Klaten, Kab. Pati, Kab. Sukoharjo, Kab. Banjarnegara, Kab. Blora, Kab. Boyolali, Kab. Cilacap, Kab. Magelang, Kab. Pemalang, Kab. Sragen, Kota Surakarta.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng saat membuka rapat koordinasi tersebut memberikan apresiasi kepada madrasah atas prestasinya selama ini.

“Di beberapa bulan kedepan, siswa madrasah akan mengkuti berbagai kompetisi. Mudah – mudahan siswa madrasah dapat memberikan kontribusi terbaiknya. Saya harap seluruh pihak yang terlibat mampu bekerjasama dengan baik, kawal anak – anak kita supaya bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasinya agar dapat mewujudkan tagline madrasah Maju, Bermutu dan Mendunia,” Pesan Kakanwil. (Da/bel)