081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

Search
Close this search box.

Jelang Lomba MAPSI SD Tingkat Provinsi, Kemenag Jateng Gelar Rakor KKG SD PAI

Semarang (Humas) – Kanwil Kemenag Prov. Jateng melalui Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (PAI SD) Prov. Jateng untuk memperkuat kolaborasi antar guru dan mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif. 

Rapat Koordinasi dilaksanakan di Auditorium Majeng. Kegiatan dibuka oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad didampingi Kabid PAI Nurzaini Wahyu Widodo, Ketua Tim Kerja Paud, TK, dan SD, SDLB Bidang PAI Kanwil Kemenag Prov. Jateng Rodhiyah. Kegiatan berlangsung di Auditorium Majeng Kanwil Kemenag Prov. Jateng pada Rabu, (23/10/2024).

Dalam arahannya, Kakanwil menekankan pentingnya KKG PAI menjadi organisasi yang dapat mewujudkan pendidikan agama Islam yang optimal sehingga terbentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berakhlakul karimah.

Musta’in juga menyampaikan harapan kepada KKG PAI agar memiliki peran dalam character building bagi generasi penerus bangsa.

“Peran KKG PAI ini penting dalam membentuk anak didik menjadi generasi yang cerdas secara fisik dan batiniah, serta memiliki kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ). Dengan pendekatan ini, diharapkan mereka (peserta didik) mampu menghadapi berbagai masalah tidak hanya dengan pemikiran logis, tetapi juga dengan perasaan, keinginan, kearifan lokal, dan nilai-nilai agama.”  Kata Kakanwil.

Selain itu, Nurzaini selaku Kabid PAI menambahkan bahwa Kemenag Jateng akan terus meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dan membangun sinergi antara para pendidik demi generasi yang lebih baik, serta berkomitmen untuk terus mendukung para Guru PAI dalam menjalankan tugasnya, serta menyediakan sumber daya dan pelatihan yang dibutuhkan.

“Kita terus bergandneg tangan untuk menjadikan peserta didik memiliki karakter yang baik dan saya juga berpesan kepada semua KKG PAI agar tetap solid,” imbuhnya. 

Pelaksanaan Lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) Sekolah Dasar Ke – 25 Tingkat Provinsi Tahun 2024 akan digelar pada tanggal 8 – 10 November 2024 di Kab. Kudus. Mereka akan mengikuti 13 cabang lomba antara lain cabang lomba PAI dan BTQ, Adzan dan Iqamah, Praktik Wudhu dan Shalat, Tilawatil Qur’an, Hifdzil Qur’an, Khitobah, Macapat Islami, TIK Islami, Khat Al-Qur’an, Kaligrafi Al-Qur’an, Cerita Islami, Menyanyi Duet Religi, serta Rebana. (Ay/Da/Bel)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content