Jemaah Apresiasi Ibadah Haji 2022, Hilman Latief Sampaikan Perlu Evaluasi Untuk Lebih Baik Lagi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batam (Humas) – Kementerian Agama melalui  Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H/2022 M di Batam, Kepulauan Riau pada 30 Agustus 2022 – 02 September 2022.

Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief berikaan sambutan secara daring dihadapan seluruh peserta Rakernas Evaluasi. Hilman ungkapkan rasa syukurnya karena penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M dapat terselenggara dengan baik, mengingat waktu persiapannya cukup singkat. Kepastian kuota haji baru diinformasikan oleh Arab Saudi pada pertengahan April, sementara keberangkatan jemaah haji dimulai pada 4 Juni 2022.

“Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 sudah selesai pada 18 Agustus 2022 dan ditutup oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas. Kita merasa bahagia, perhelatan yang begitu besar dan harus disiapkan dalam waktu yang tidak panjang, selesai dilakukan. Semua bisa dilaksanakan karena kita punya pahlawan di banyak tempat,” terang Hilman Latief saat memberikan sambutan secara daring, Selasa (30/8/2022).

Hilman juga menyampaikan bahwasanya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini mendapat apresiasi dari Jemaah, mulai dari pelayanan umum, ibadah, serta dibidang kesehatan. Jemaah mengaku banyak hal yang sebelumnya tidak terbayangkan dan dapat terselenggara dengan baik, sehingga mereka merasa puas dan memberikan apresiasi.

“Kita tidak berbangga berlebihan. Masih ada catatan yang perlu diperhatikan ke depan. Perlu evaluasi untuk lebih baik lagi,” tegas Hilman.

Hilman menilai Rakernas Evaluasi ini menjadi forum penting buat seluruh stakeholders untuk melakukan refleksi dan evaluasi. Sebab, di balik kepuasan jemaah, tentu masih ada kekurangan dan sejumlah isu yang perlu menjadi perhatian ke depan.

 “Mudah-mudajan kita bisa merumuskan kebijakan yang bisa meningkatkan layanan kita di masa mendatang.  Selain evaluasi penyelenggaraan haji 2022, Rakernas menargetkan tersusunnya rencana aksi perbaikan haji 2023,” tandasnya. (ps/rf)