Jemaah Haji Kloter 20 Tiba di Wonosobo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Rangkaian ibadah haji tahun 2023 saat ini memasuki fase kepulangan. Jemaah haji Indonesia secara bertahap mulai pulang ke Tanah Air. Salah satunya yakni jemaah Haji kelompok terbang (Kloter) 20 Debarkasi Solo berasal dari Kabupaten Wonosobo telah tiba kembali di Pendopo Bupati Wonosobo, Rabu, (12/7) pukul 11.30 wib, dengan menggunakan 4 armada bus.

Jemaah langsung diarahkan panitia untuk beristirahat sejenak di Pendopo Bupati Wonosobo. Jemaah haji dengan kursi roda juga dibantu oleh petugas melalui jalur khusus disabilitas yang telah disiapkan.

Selesai menempatkan diri, para jemaah haji lantas melaksanakan salat dhuhur berjamaah secara bergantian di masjid Pendopo Bupati sembari menunggu acara penyambutan berlangsung,

Alhamdulillah, seluruh ibadah sudah dilaksanakan dan hari ini diberikan kesempatan untuk bertemu keluarga lagi,” ungkap boniem, (93), asal Desa Lebak Kaliwiro.

Pada saat keberangkatan, jumlah jemaah yakni sebanyak 145 orang, namun terjadi perubahan susunan Jemaah di Kloter dan pada saat kepulangan kloter 20 berjumlah 173.

“Jemaah haji kloter 20 jumlah diberangkatkan 145 orang namun terjadi perubahan susunan jemaah di kloter dan jumlah kepulangan menjadi 173 orang dengan rincian 84 orang pria dan 89 orang wanita ditambah 1 Petugas Haji Daerah (PHD) a.n Dewanti Retnaningtyas,”jelas Panut selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo dalam laporannya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, kepulangan Jemaah dimuali dari hari Senin, (11/07) yang beranjak dari Jeddah dan landing di Debarkasi Solo pada hari Rabu, (17/7) pukul 05.30 wib pagi hari tadi. Adapun petugas kloter seluruhnya dari Kab. Temanggung.

“Petugas kloter terdiri dari 5 orang seluruhnya dari Kabupaten Temanggung. Dalam kepulangan kali ini juga dikerahkan tim perlindungan jemaah berupa 1 unit mobil voorider, 2 unit ambulan, 1 unit kendaraan supervisor,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Panut, menyampaikan kepada Bupati Wonosobo untuk berkenan memberikan sambutan dan sekaligus menyerahkan Jemaah Haji Kab. Wonosobo tahun 1444 H/2023 M kepada Keluarga.

Kepada jemaah haji ia berpesan agar semua Jemaah haji memperoleh predikat haji Mabrur dan bisa menjaga kemabrurannya.

Selanjutnya dalam sambutannya, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, dengan sumringah menyambut seluruh jemaah haji. Ia menyampaikan ucapan selamat datang kembali di Wonosobo,

“Bapak ibu jemaah haji Kabupaten Wonosobo, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Wonosobo mengucapkan selamat datang Jemaah Haji Kabupaten Wonosobo. Kami menyambut kepulangan kembali segenap jemaah haji yang telah melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Semoga bapak ibu sekalian menjadi haji yang Mabrur,” tandasnya.

Diakhir sambutannya ia menyerahkan kembali seluruh Jemaah Haji kepada keluarga masing-masing.

Acara penyambutan berlangsung singkat mengingat kerinduan keluarga yang sudah menanti kepulangan para jemaah haji.

Dijadwalkan usai kepulangan kloter 20 di Wonosobo, akan disusul kloter 21 yang akan tiba di Pendopo pada pukul 17.30 wib dan esok hari Kamis (13/7) kloter 22 pukul 02.30 wib dini hari. Saat penyambutan kloter 20 berlangsung, seluruh tim penjemput jemaah kloter 21 sudah berada di Embarkasi Solo dengan armada penjemput sejumlah 8 bus.(Ps-ws/Sua)