Jetak Pabrik dan Mojokulon Dilaunching sebagai Kampung Moderasi Beragama Kabupaten Sragen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen melakukan launching 2 Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Sragen. Launching diadakan di Ndayu Park Karangmalang Sragen, Rabu, (26/07).

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen, Kampung Mojokulon Desa Mojo Kecamatan Sragen dan Kampung Jetak Pabrik Desa Jetak Kecamatan Sidoharjo ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama di Sragen.

Kegiatan diawali dengan pembacaan doa dari tokoh lintas agama dengan harapan agar perdamaian dan kerukunan senantiasa ada pada masyarakat Sragen khususnya dan Indonesia pada umumnya. Selain itu juga dimeriahkan drama kerukunan umat beragama yang ditampilkan pemuda pemudi Kampung Jetak Pabrik pimpinan Ahmad Zulfikar.

Plt. Kasi Bimas Islam Kankemenag Sragen, H. Muslim dalam laporannya menyampaikan bahwa Kampung moderasi beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Tujuannya adalah memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, toleran, memperkokoh sikap beragama yang moderat berbasis desa atau kampung.

Sementara dalam pengarahannya, Kakankemenag Sragen menyatakan bahwa keanekaragaman masyarakat adalah aset besar bangsa, sedangkan perbedaan merupakan keniscayaan dan kekayaan Bangsa Indonesia.

‘’Perbedaan dan keanekaragaman yang dikelola dengan baik akan menjadi aset besar untuk menjadikan bangsa ini maju dan besar. Ketika ada hal yang kurang baik dan terjadi kendala dalam hubungan antar maupun internal umat beragama akan menguras energi yang sangat besar, ini jangan sampai terjadi,” ujar Kakankemenag.

‘’Pemerintah melalui Forum Kerukunan Umat Beragama melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan kerukunan baik internal maupun antar umat beragama, melaui FKUB yang memiliki pengurus dari tokoh agama lintas ormas dan lintas iman ini selalu diadakan komunikasi dan koordinasi umat beragama  dan pemerintah,” lanjut Ihsan Muhadi.

Kegiatan diikuti oleh 100 orang terdiri dari Camat Kecamatan Sidoharjo dan Kecamatan Sragen, Lurah Desa Mojo dan Sragen serta tokoh agama dan masyarakat  2 kampung moderasi yang ditetapkan Kankemenag Sragen.

Penetapan Kampung Moderasi Beragama ditandai dengan penyampaian SK Kampung Moderasi Beragama yang diserahkan Kakankemenag Sragen dan diterima oleh Ketua Pokja Kampung Moderasi Beragama serta pemukulan rebana.(mini/Sua)