Kabid PD Pontren Pantau Pelaksanaan Ujian Nasional IW PDF Ulya Walindo Boyoletuk Tahun 2023 M/ 1444 H

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Walindo Boyoletuk Siwalan, menggelar Imtihan Wathani (IW) atau Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional jenjang ulya di Ponpes PDF Walindo, 7-9 Februari 2023.

Hadir pada penyelenggaraan IW hari ketiga, Kamis, (09/02/2023) Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Nur Abadi, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Sujud dan staf pelaksana Seksi PD Pontren  Mustajirin.

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) Ditjen Pendidikan Islam menyelenggarakan ujian akhir Pendidikan Diniyah Formal (PDF) atau Imtihan Wathani Tahun 2023. Ujian berskala nasional ini diadakan dalam dua periode. Imtihan Wathani untuk PDF jenjang Ulya akan diadakan pada 7-9 Februari 2023. Sementara PDF jenjang Wustha tanggal 14-16 Februari 2023. Ujian akhir berskala nasional ini diadakan dengan CBT atau Computer Base Test.

Tentang Pendidikan Diniyah Formal
Pendidikan Diniyah Formal (PDF) adalah satuan pendidikan yang relatif baru. Satuan pendidikan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan yang merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Namun, baru diimplementasikan setelah terbit Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam.

Dalam aturan tersebut, dijelaskan bahwa PDF adalah lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh dan berada di dalam pesantren secara terstruktur dan berjenjang pada jalur pendidikan formal, sebagai pengakuan terhadap lulusan pesantren.

Jenjang pada satuan PDF memiliki setara dengan jenjang pendidikan formal lainnya. Saat ini ada tiga jenjang PDF, yaitu Ula (setingkat MI/SD), Wustha (setingkat MTs/SMP) dan Ulya (setingkat MA/SMA/SMK). (MTb/bd)