Melalui Pagelaran Seni, Siswa Kelas IX MTs Negeri 1 Banjarnegara Rampungkan Ujian Praktik Seni Budaya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara–Ujian praktik mata pelajaran Seni Budaya bagi siswa siswi kelas IX MTs Negeri 1 Banjarnegara dilaksanakan melalui kegiatan Pagelaran Seni. Seluruh siswa sejak semester gasal sudah menentukan pilihan jenis seni apa yang akan dipraktikkan. Adapun jenis seni yang dapat dipilih adalah seni tari, seni musik dan seni rupa.

Pagelaran Seni siswa kelas IX dilaksanakan pada Sabtu (4/2). Berpusat di lapangan utama MTs Negeri 1 Banjarnegara, seluruh siswa menunjukkan keterampilan seni yang telah mereka pelajari . Untuk siswa yang memilih seni tari dan seni musik, perform dilaksanakan di panggung. Sementara untuk seni rupa, proses menggambar di ruang kelasa selanjutnya dipamerkan di lapangan utama.

Tiga guru Seni Budaya MTs Negeri 1 Banjarnegara, yakni Amri Inayati, Haki Wanudya Taranggana dan Ahmad Mara Sasongko bertindak sebagai penilai dalam kegiatan pagelaran seni tersebut.

Eko Widodo selaku kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara dalam sambutan pembukaannya menyampaikan kebanggaan dan terima kasihnya.

” Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan segala kebutuhan dalam pagelaran seni ini sehingga dapat terselenggara dengan baik. Saya juga bangga dengan seluruh siswa-siswi Madtsansa yang telah berlatih dengan maksimal.” ucap Eko Widodo antusias.

Amri Inayati, guru Seni Budaya paling senior MTs Negeri 1 Banjarnegara mengungkapkan rasa harunya.

“Alhamdulillah… pagelaran seni berjalan dengan sukses dan lancar sesuai rencana dan harapan. Setelah persiapan berbulan-bulan, akhirnya hari ini berakhir dengan keharuan. Ternyata siswa-siswi Madtsansa memiliki kemampuan seni yang luar biasa. Dari kegiatan ini juga kita menemukan banyak mutiara yang terpendam yang sebelumnya malu untuk menunjukkannya.” ungkap Amri Inayati.

Tak ketinggalan HAKI Wanudya Taranggana juga menyampaikan rasa syukurnya atas kesuksesan penyelenggaraan pagelaran seni.

“Masya Allah, akhirnya anak-anak berhasil mempraktikkan keterampilan seni mereka. Latihan yang terus menerus baik di madrasah maupun di sanggar menghasilkan penampilan yang diharapkan. Semoga bakat seni anak-anak akan dapat terus terasah,” ucap guru mapel seni budaya yang akrab disapa Haki.

Sementara menurut Riska Amelia siswa kelas IX A yang dalam pagelaran menampilkan tari Kalo beserta kelompoknya mengaku sangat lega.

“Masya Allah… rasanya luar biasa lega. Perform kami lancar dan semoga kami mendapatkan nilai yang baik. Ini menjadi kenangan sepanjang masa, terlebih kita akan segera lulus dari Madtsansa.”ujar Riska kepada tim Warta Madtsansa.  (Lin/rf)