Kabupaten Pekalongan Kirimkan Kontingen Pada POSOEDA IX Tingkat Prov. Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Dalam rangka menggali potensi para santri di bidang olahraga dan seni, Kanwil Kemenag Jateng gelar Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren (Pospeda) Tahun 2022 di MAN 1 Kota Surakarta, Sabtu s.d Ahad (27-28/8/2022). Mengangkat tema “Santri Sehat, Cerdas, Mandiri dan Toleran”, perhelatan ini diikuti 1.284 santri putera-puteri secara daring dan 274 luring. Kontingen Pospeda dari Kabupaten Pekalongan terdiri dari 8 santri putera-puteri yang mengikuti secara luring dan 30 santri putera-puteri yang mengikuti secara daring. Mereka berkompetisi memenangkan serangkaian cabang lomba, antara lain Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Hadrah, dan Video Film Pendek.

Pospeda ini bukan hanya sekadar ajang lomba namun sebagai silaturahim antar santri se-Jawa Tengah sekaligus memupuk sikap sportif, toleran, dan moderat. Pospeda Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Bp. H.Musta’in Ahmad, SH, MH.
“Jadikan Pospeda sebagai sarana berkompetisi sekaligus sarana untuk berkolaborasi serta memperkuat tali persaudaraan para santri,” pesan Kakanwil Jawa Tengah, Musta’in Ahmad. Beliau juga minta jajarannya agar secara intens memperhatikan bidang olahraga dan kesehatan sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di lingkungan Kementerian Agama. “Soal kesehatan sekarang ini, di saat adanya perubahan iklim, kesamaptaan jasmani kita ini sangat diperlukan,” kata Musta’in di depan para pejabat dan peserta yang hadir.

Dalam pembukaan Pospeda tersebut turut hadir dari kontingen Kabupaten Pekalongan Kepala Kantor Kementeria Agama Kabupaten Pekalongan Drs. H. Sukarno, M.M, Kepala Subbagian Tata Usaha, Drs. H. Muqoddam, M.Sy, Kepala Seksi Pendidikan DIniyah dan Pondok Pesantren Gunawah, SH beserta staff dan perwakilan Official. (Mtb/bd)