Kado Kemerdekaan, MTs Negeri 3 Pati Raih Juara di Ajang KSM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Kementerian Agama RI menggelar Komperisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten serentak secara nasional, pada Ahad, (14/8). Ajang prestasi bergengsi dan berjenjang itu memperlombakan bidang IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terintegrasi, dan Matematika Terintegrasi, diikuti para siswa-siswi terbaik dari beragam penjuru, di masing-masing kabupaten di tanah air.

Pada jenjang KSM tingkat kabupaten Pati, MTs Negeri 3 Pati berhasil mengunduh hasil menggembirakan. Kepala Madrasah, Wahyu Hidayat pun menuturkan, bahwa ia dan timnya serasa seperti mendapatkan kado kemerdekaan yang sangat membanggakan.

“Berdasar pengumuman hasil lomba yang dirilis panitia KSM, pada Kamis (18/8) kemarin, 3 (tiga) siswi MTs Negeri 3 Pati meraih predikat Juara 1 (peringkat pertama), Juara 3 (peringkat ketiga), dan Juara Harapan 2 (peringkat kelima),” terang pria asal kota wali Demak itu dengan pancaran senyumnya yang sumringah.

Lebih lanjut, Wahyu menjelaskan, Juara 1 (peringkat pertama) dicatatkan namanya oleh Amiroh Laluna Isabella, dan Juara 3 (peringkat ketiga) diraih Andini Naila Hamida. Keduanya meraih prestasi untuk bidang Matematika Terintegrasi setelah berhasil menyisihkan 179 peserta lainnya, Ke dua siswi MTs Negeri 3 Pati tersebut, nantinya akan mewakili Kabupaten Pati untuk maju di ajang KSM tingkat Propinsi Jawa Tengah.

“Sedangkan untuk Hidayatul Fitroh Oktaviana peraih peringkat 5 (Harapan II) bidang IPA Terpadu Terintegrasi didapatkannya setelah berkompetisi melawan 182 peserta se Kabupaten Pati,” terangnya.

Jalannya Seleksi KSM

Terkait jalannya seleksi KSM, Wahyu Hidayat menuturkan bahwa lomba memanfaatkan teknologi Informasi (IT). Ini digunakan untuk menjaga akuntabilitas dan meningkatkan transparansi selama dalam pelaksanaan kompetisi.

“Seleksi KSM tingkat kabupaten dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada hari Ahad (14 Agustus 2022), dan diumumkan hari Kamis (18 Agustus 2022),” imbuhnya.

Atas pretasi siswanya tersebut, selaku kepala madrasah, Wahyu Hidayat memberi apresiasi sebesar-besarnya kepada anak-anak hebat, pembimbing yang bersemangat, dan semua pihak yang telah meluangkan waktu mengantar anak-anak ke gerbang kesuksesan.

“Terimakasih untuk anak-anakku yang hebat, para pembimbing semua atas kerja kerasnya. Semoga kita bisa memberikan yang terbaik. Tetaplah semangat dan MTs Negeri 3 Pati, Manunggal Melangkah Pasti Meraih Prestasi,“ ungkapnya.

Capaian Membanggakan

Hal senada disampaikan Wakil Kepala MTs Negeri 3 Pati Bidang Kesiswaan, Ali Yasin yang mengungkapkan rasa bangganya atas raihan prestasi anak-anak, jerih payah dan harus merelakan waktunya untuk belajar dan belajar, kini menampakkan hasilnya.

“Prestasi ini sudah tentu makin menambah pundi-pundi prestasi yang telah diraih sebelumnya. Sejumlah 550 prestasi kejuaraan, baik tingkat nasional ataupun internasional telah kami torehkan,“ tambah Ali Yasin.

Sementara itu, Darsinah, salah satu pembimbing Matematika merasa sangat bangga, “Alhamdulillah, kedua peserta bidang matematika bisa lanjut ke tingkat propinsi dan ayo kita semakin tingkatkan potensi kita , ini adalah awal dan kita siapkan perjuangan selanjutnya di tingkat propinsi,” ujarnya penuh semangat.
Dengan senantiasa berharap rahmat Allah, semoga dengan kemampuan dan kemauan, tekad yang kuat, MTs Negeri 3 Pati semakin bisa memberikan kontribusi di dunia pendidikan.

“Manunggal Melangkah Pasti Meraih Prestasi. Madrasah Hebat Bermartabat, Mandiri Berprestasi,” pungkas pembimbing Bidang Matematika penuh semangat.(hs/at/Sua)