Kakan Kemenag Tinjau Lokasi Tanah Longsor

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, S.Ag, M.Pd.I  didampingi Kasi Pendma Edi Sungkowo, M.Pd , Penyelenggara Zawa Faisal Riza, M.S.I melakukan kunjungan dan memantau serta menyerahkan bantuan dari UPZ Kemenag Kabupaten Banyumas  di beberapa lokasi yang terdampak akibat banjir dan tanah longsor.Senin (10/10)

Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur  wilayah Kabupaten Banyumas dalam beberapa hari ini telah menimbulkan kerusakan akibat banjir dan tanah longsor. Terputusnya jalan akibat banjir serta longsor dan hancurnya rumah karena tanah longsor terjadi dibeberapa kecamatan yang rawan .

Mulai dari kecamatan di ujung Timur Tambak dan Sumpiuh yang sudah menjadi langganan banjir, serta desa – desa di daerah kecamatan lumbir, Gumelar dan Purwojati yang rawan longsor.

Di kecamatan Wangon rombongan Kakan kemenag meninjau ke KUA Kecamatan Wangon yang mengalami kerusakan akibat hujan deras serta kebanjiran. Dalam kesempatan tersebut H. Aziz Muslim menyerahkan bantuan dari UPZ yang diterima oleh kepala KUA Kecamatan wangon Ahmad Dahlan.

Perjalanan dilanjutkan ke kecamatan Purwojati, tepatnya di desa Karangmangu. Disambut oleh Kepala MI Marif NU 1 Kaliwangi  Muhemin, dan pengawas madrasah Fuad Hasyim,  rombongan  KaKan Kemenag melakukan kunjungan dan  menyerahkan bantuan dari UPZ  kepada Rokhimin orang tua  Abdul Ghoni  siswa MI Kaliwangi Purwojati  yang rumahnya hancur  akibat  tanah longsor hari Sabtu (08/10) pagi jam 05.45.

Dalam kesempatan tersebut Aziz menyarankan kepada Rokhimin untuk segera meninggalkan rumah sekitar kejadian karena kondisi daerah masih sangat labil dan berbahaya.

“ Di lokasi ini sangat berbahaya karena material longsor yang sangat banyak masih tertahan oleh beberapa pohon, secepat mungkin orang tua dari pak Rokhimin yang jarak rumah hanya 5 meter dibawahnya untuk segera mengungsi. Jika diguyur hujan lagi ditakutkan material akan longsor lagi.” ujarnya.

Di Kecamatan Kemranjen dan Kecamatan Banyumas  KaKanKemenag menyerahkan bantuan kepada kepala MI Salafiyah Kebarongan Kemranjen Siti Fatimah dan bantuan modal usaha kepada Hengki Pradono.

MI Salafiyah Kebarongan  Kemranjen terdampak banjir pada hari Jumat malam sedalam kurang lebih 1 meter, banjir ini merendam seluruh sekolah beserta buku dan peralatan lainnya.

“ Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Kantor dan seluruh ASN di Kantor Kemenag atas bantuan yang sudah diberikan ini, Insya Allah ini sangat bermanfaat dan akan kami gunakan untuk memperbaiki madrasah yang mengalami kerusakan.” tutur Siti Fatimah.(yud/bd)