Kakankemenag : Kurikulum sebagai Salah Satu Syarat Kesuksesan Sebuah Pendidikan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag membuka acara dan memberikan materi tentang kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada acara Rapat Kerja KKRA, PD IGRA Kota Pekalongan dan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Guru RA se-Kota Pekalongan, bertempat di Gedung PKK Kota Pekalongan. (14/02/2023).

Kakankemenag mengapresiasi KKRA juga PD IGRA serta para Pengawas Madrasah atas pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tersebut.

“Terimakasih Bapak/ibu, dengan terlaksanakan kegiatan ini, yang telah bekerja sama demi terwujudnya IKM untuk pendidikan madrasah hebat dan bermartabat” ucap H. Kasiman

Kepada seluruh peserta Bimtek, H. Kasiman minta agar mengikuti dan memahami setiap materi yang disampaikan dengan baik.

“Kurikulum sebagai salah satu syarat kesuksesan sebuah pendidikan, sehingga untuk implementasi kurikulum merdeka di madrasah diperlukan kesamaan visi dan kesamaan pemahaman  unsur-unsur terkait, terkhusus tentunya Kepala Madrasah/RA dan waka Kurikulum, yang nantinya juga harus menyampaikan apa yang diperoleh pada bimtek ini pada unsur madrasah” jelasnya.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengenalkan konsep merdeka belajar. Pada intinya memberikan kemerdekaan kepada guru dan siswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, berjalan secara menyenangkan dan bermakna. Dengan begitu, bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

Lebih lanjut H. Kasiman menyampaikan agar kepala RA bisa mewujudkan Transpormasi digital di Madrasah, ini juga menjadi salah satu rekomendasi pada Rapat Kerja Nasional di Jakarta 4-5 Februari yang lalu dengan mengkat tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”.

“Dari hasil bimtek hari ini, diberharapkan lahir guru-guru serta madrasah/RA penggerak, yang akan menggerakkan unsur-unsur madrasah melakukan pengembangan pendidikan menuju generasi emas, dan Kepada dan waka memiliki peranan penting untuk mewujudkan itu, tentunya dengan tetap menjaga bekerja sama”, tegas H. Kasiman

“Setelah selesai bimtek IKM ini, diharapkan bisa segera di implementasikan di madrasah/RA, tentunya ini sebuah tantangan sekaligus peluang pengembangan kualitas madrasah/RA menjadi lebih baik” pungkasnya. (ANT/bd).