Kakanwil Canangkan Tabungan Hari Tua dan Pensiun Ustad Ustadzah MDT dan LPQ Kab. Tegal, Ini yang Pertama di Indonesia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tegal (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad tegaskan kembali tiga karakter unggulan yang harus dimiliki generasi penerus bangsa. Karakter tersebut ialah sehat lahir batin, cerdas secara intelektual dan bermoral baik. Hal ini disampaikanya pada kegiatan Evaluasi Program dan Pencanangan Tabungan Hari Tua dan Pensiun Ustad Ustadzah Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ), Jumat (1/3/2024).

“Ini adalah tugas panjenengan-panjenengan sekalian, dari Madrasah Diniyah lah akan lahir pemimpin bangsa yang berkarakter, dari Badko TPQ akan muncul generasi penerus yang bermoral baik,” tutur Musta’in.

Lanjutnya, Musta’in juga menjelaskan mengenai bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia kelak pada tahun 2030. Akan ada banyak sumber daya manusia usia produktif pada tahun tersebut, maka tugas ustad dan ustadzah tersebutlah yang akan mengajarkan moral baik pada para murid. Tak hanya ilmu keislaman yang diajarkan, namun juga karakter berbangsa dan bertanah air.

Maka dari itu, Kementerian Agama menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk memberikan jaminan ketenagakerjaan bagi para Ustad Ustadzah atas jasa-jasa mereka dalam mendidik generasi penerus bangsa. Para Ustad dan Ustadzah di Kabupaten Tegal menginisiasi tabungan hari tua dan jaminan pensiun melalui BPJAMSOSTEK.

Kabupaten Tegal menjadi satu-satunya yg menginisiasi jaminan hari tua dan pensiun bagi para ustad dan ustadzah. sebanyak 7.613 Kab. Tegal membayarkan iuran BPJS ketenagaan sebesar 5.400 ribu rupiah melalui UPZ ustad selebihnya dibayarkan melalui Insentif Provinsi Jawa Tengah.

Pasalnya, ustad dan ustadzah di Jawa Tengah telah mendapatkan fasilitas jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM). Iuran bulanan sebesar Rp10.800 dibayarkan melalui dana insentif Ustad Ustadzah yang dikoordinir melalui Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Diakhir pembinaannya, Kakanwil mencanangkan secara resmi program tabungan hari tua dan pensiun Ustad Ustadzah MDT dan LPQ Kabupten Tegal. Disambut bahagia dan gemuruh tepuk tangan seluruh hadirin. (PS/BEL)