Kampung Religi Jadi Rumah Praktik Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang (Humas) – Hari ini, Jum’at (22/9/2023) Kepala Kemenag Kota Magelang hadir memberikan arahan dan motivasi dalam rapat koordinasi yang diinisiasi oleh Forum Keruknan Umat Beragama (FKUB) di aula Badan Kesbangpol Kota Magelang. Dalam rapat  dibahas sosialisasi kampung religi, yang telah dicanangkan sejak 2021 lalu oleh Walikota Magelang untuk mewujudkan masyarakat Kota Magelang yang religius, berbudaya, beradab, toleran berlandaskan iman dan taqwa

”Kampung Religi merupakan cerminan dari tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan yang berlandaskan nilai-nilai agama dan sosial serta budaya masyarakat Kota Magelang.  Jadi program ini tidak hanya berlaku untuk umat Islam saja, tapi mencakup semua agama,” tegas Sofia Nur.

Program ini sebagai wahana merekatkan tali silaturahmi sekaligus upaya mewujudkan program agamis (programis), sebagaimana misi 1 Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Magelang mewujudkan masyarakat religius, berbudaya, beradab, toleran, berlandaskan iman dan taqwa.

Selama ini Kementerian Agama Kota Magelang selalu pro aktif berkontribusi untuk menyukseskannya. Diharapkan program kampung religi ini  tidak hanya mampu menciptakan masyarakat yang taat kepada Tuhan YME semata, akan tetapi mendorong tumbuh kembangnya akhlakul karimah serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan praktik moderasi dalam beragama.

Selain Kepala Kankemenag Kota Magelang, turut hadir pula sebagai pemateri lainnya yakni Kepala Badan Kesbangpol, Kabag Kesra Setda, dan Ketua FKUB Kota Magelang. (HS/bel)