Upacara Bendera, Bangun Disiplin dan Nasionalisme Siswa Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang (Humas) – Mengawali aktivitasnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang berikan motivasi belajar kepada siswa-siswi, saat berkesempatan menjadi pembina upacara bendera di MTsN 2 Kota Magelang, Senin (25/9/2023). Ia mengatakan masa remaja adalah waktu tepat untuk menuntut ilmu, dan ilmu merupakan bekal terbaik untuk meraih cita-cita serta kesuksesan baik di dunia dan akhirat.

”Upacara bendera di Madrasah adalah hal yang penting. Upacara bendera merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab yang mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik,” terang Sofia Nur.

Seperti biasanya setiap hari Senin para peserta didik  MTs N 2 Kota Magelang berbaris dengan rapi di lapangan sebelum mengawali kegiatan belajar mengajar, untuk melaksanakan kegiatan Upacara Bendera.

“Kegiatan rutin ini diharapkan dapat meningkatkan disiplin para peserta didik, juga melatih mental siswa yang secara giliran bertugas untuk tampil dan belajar menghargai jasa para pahlawan,” lanjut Sofia Nur.

Sementara itu, usai pelaksanaan upacara bendera Kepala MTsN 2 Kota Magelang Rifkadi menyampaikan bahwa upacara bendera ini menjadi bagian dari interaksi edukatif. Selain itu juga menjadi instrumen atau alat yang cukup efektif untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai tertentu serta upaya mengaktualkan potensi. (HS/bel)