Perkuat Koordinasi Antar Pesantren, Kemenag Pemalang Kukuhkan Pengurus FKPP

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang (Humas) – Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Persantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang adakan acara pemilihan, pengukuhan, dan pembinaan pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) masa bakti tahun 2023 – 2028 pada hari Senin (25/09/2023) di RM Ayam Gepuk, Taman, Kabupaten Pemalang.

Setelah melalui beberapa tahapan akhirnya dapat disusun struktur pengurus FKPP yang baru. Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang yang hadir dalam acara ini berharap FKPP bersama Seksi PD Pontren bisa berkoordinasi lebih baik untuk penyempurnaan data pondok pesantren di EMIS.

“Pemilihan pengurus FKPP kali ini kami adakan dengan peserta yang terbatas, juga dengan konsep acara yang ringkas dan lebih terasa suasana kebersamaannya. Selain itu kita juga harus bersama-sama menyelesaikan tugas sebagai pengelola lembaga lewat updating EMIS. EMIS ponpes di Pemalang kondisinya berbeda antara kondisi di sistem dengan realita di lapangan, semoga dengan koordinasi yang ditingkatkan melalui pengurus FKPP yang baru ini kita bisa mewujudkan penyempurnaan data mendekati realita,” kata Roziqun.

Dia mengharapkan agar diadakan acara pembinaan dan pelatihan sehingga ada ikatan antar pengurus, anggota FKPP dengan Seksi PD Pontren. Semua ini dilakukan dengan bergerak bersama, agar data pondok pesantren di Pemalang bisa mendekati bahkan bisa valid sesuai kondisi di lapangan.

Selanjutnya Kepala Seksi PD Pontren Chanifuddin dalam sambutannya berharap pengurus FKPP yang baru bisa kompak dan saling berbagi informasi terkait kelembagaan pondok pesantren.

“Kami sangat berharap agar pengurus FKPP yang baru ini bisa menjadi wadah guyub dan kompak, untuk saling berbagi informasi dan berita terkini dalam hal kelembagaan pondok pesantren. Juga untuk mengawal tertib administrasi yang berkaitan dengan Kementerian Agama yaitu EMIS, sebagai pangkalan data pondok pesantren,” kata Chanif.

Kegiatan yang berlangsung secara khidmat ini diiikuti oleh perwakilan dari 50 pondok pesantren di Kabupaten Pemalang yang aktif. Ketua FKPP terpilih secara aklamasi yaitu KH. Ahmad Nahdludin, Pengasuh Pondok Pesantren Mislakhul Muta’allimin Karangtengah Warungpring. (ran/fi/bel)

Ka. Kankemenag foto bersama pengurus FKPP Kab. Pemalang (ran – 25/09/2023)