081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kankemenag Banjarnegara dirikan Posko Keagamaan untuk korban bencana

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Senin, 15 Desember 2014 pukul 08.00 WIB di Aula Kementerian Agama Kab. Banjarnegara di adakan Rakor Penanganan Bancana Alam Tanah Longsor di Kabupaten Banjarnegara. Di pimpin langsung oleh Kepala Kantor, Drs. H. Farhani, SH,MM. Memberikan pengarahan terkait bencana yang terjadi.

Adapun beberapa hasil Rakor antara lain :

1. Didirikan Posko Keagamaan yang dijadikan media center pelayanan dari Kemenag Banjarnegara dan Tusi dari komponen di Kementerian Agama seperti : Bimbingan Masyarakat, KUA Kecamatan dan Penyuluh dan komponen-komponen terkait lainnya. Posko tidak di dirikan di tiap titik bencana, tapi harus melihat kondisi dan situasi titik.

2. Membantu meringankan para korban di titik-titik lokasi berupa bantuan tenaga dan kegiatan seperti TPQ, Tahlilan (acara keagamaan), pembinaan keagamaan, shocktherapy bagi korban dan keluarga korban dan lain-lain.

3. Melanjutkan kegiatan/ penanganan bencana yang sudah dilaksanana oleh KUA Karangkobar dan komponen kemenag Banjarnegara sejak hari Jumat (12/12) dengan Koordinasi jajaran Kemenag, jalur struktural dan fungsional dalam penanganan bencana.

4. Untuk bagian dan fokus kegiatan sesuai dengan instruksi dari Bupati Banjarnegara berkenaan dengan pemulasaran jenazah. Untuk bagian ini di bagi 2 bagian untuk bagian langsung/ titik bencana : pemulasaraan, memandikan, dan mengkafani, bagian tidak langsung sesuai dengan melakukan solat jenazah dan penguburan jenazah.

5. Di berikan tugas dan draf agar tugas lebih terkoordinasi, dibantu oleh PPN dari kecamatan lain untuk membantu, penyuluhan dari penyuluh Kemenag, penyediaan sarpras di lokasi bencana dan lain-lain.

6. Bantuan petugas sudah di berikan jadwal di posko dan langsung ke TKP, juga di berikan 200 Al Quran dari sumbangan pegawai Kemenag Banjarnegara.

7. Diedarakan Surat Edaran tentang harapan sumbangan bantuan baik uang maupun barang. Untuk bantuan barang bisa diserahkan ke KUA kecamatan Karangkobar, untuk uang bisa di serahkan ke bendahara posko keagamaan di Kantor Kementerian Agama Kab. Banjarnegara.

8. Segera action dan koordinasi karena tidak sembarangan orang bisa menjadi relawan dan didata oleh bagian penanggulangan bencana kabupaten.

(Nangim)