Kankemenag Kota Semarang Ikuti Bimtek Petugas Layanan KUA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Bertempat di Hariss Hotel Sentraland Semarang yang berlokasi di Jalan Ki Mangunsarkoro Nomor 36, Direktorat Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah, Direktorat Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Layanan KUA di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 7 hingga 10 Juni 2022.

“Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dirjen Bimas Islam, dan diikuti oleh perwakilan KUA Revitalisasi se-Jawa Tengah, DIY dan Kalimantan Tengah. Disamping itu ikut pula ASN (Aparatur Sipil Negara) Bimas Islam Kota Semarang, Kanwil (Kantor Wilayah) Kemenag Prov. Jawa Tengah, dan perwakilan Pemerintah Kota Semarang,” ujar Abdur Rozaq salah satu peserta yang berasal dari kankemenag Kota Semarang.

Abdur Rozaq menuturkan, penyelenggaraan kegiatan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas KUA dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta, terutama petugas layanan KUA dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan profesionalitas SDM (Sumber Daya Manusia (SDM) pada KUA, guna mewujudkan pelayanan prima atau pelayanan yang optimal. Mengapa? Hal ini penting mengingat upaya-upaya tersebut merupakan salah satu ikhtiar guna merealisasikan salah satu program prioritas Kementerian Agama, yaitu revitalisasi KUA,” terangnya.

Ia mengungkapkan begitu besar antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. “Peserta sangat antusias mengikuti bimbingan, apalagi pemateri berasal dari kalangan profesional dan motivator handal, yaitu Markplus dan Kawan-Kawan,” ungkapnya.

Lebih kanjut Abdur Rozaq menjelaskan mengenai materi apa saja yang diperolehnya dalam Bimtek tersebut, diantaranya peta jalan revitalisasi KUA tahun 2022, membangun perilaku dan karakter positif, teknik komunikasi efektif dalam pelayanan, simulasi komunikatif dalam pelayanan, teknik dan simulasi memberikan pelayanan prima, teknik dan perbaikan hubungan dengan publik, kepatuhan standar pelayanan publik, dan rahasia sukses mengaktifkan kekuatan alam sadar untuk meningkatkan integritas diri dan pelayanan prima pada KUA.

Abdur rozaq cukup mengapresiasi atas inisasi Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, sehingga terselenggaranya kegiatan tersebut. “Terima kasih kepada Dirjen Bimas Islam, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pelayan KUA dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat, sehingga program revitalisasi KUA segera terwujud, dan image buruk tentang layanan KUA bisa terkikis,”  pungkasnya.(Rozaq/NBA/rf)