Cerpen “Sepasang Mata Menatap Bapak” Karya Jasmine Raih Juara 2 Tingkat Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Kamis, (9/6/22) Siswi MTs N 1 Banjarnegara berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional. Jasmine Zhafira, siswi kelas 8 tersebut baru saja meraih predikat juara 2 lomba menulis cerpen tingkat nasional pada 7 Juni lalu. Lomba tersebut diadakan oleh Al Kausar Present Hall of Art, Sport, Linguistic, Science, and Islamic Competition.

Jasmine Zhafira mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka berhasil meraih juara. “Awalnya, saya tidak terlalu berharap karena sudah lama tidak menulis cerita pendek. Biasanya nulis cerpen kalau ada tugas sekolah saja,” ujarnya saat diwawancarai oleh Warta Madtsansa pada Kamis (9/6/2022).

Lomba menulis cerpen tersebut dilakukan secara daring sejak awal Juni lalu. Setelah melalui proses pendaftaran pada 31 Mei, juri menilai karya peserta pada 2 Juni. Lalu pada 7 Juni, diumumkan melalui akun Youtube OSIS Al Kausar Boarding School.

Lebih lanjut, Jasmine mengatakan bahwa dirinya bermula dari rasa jenuh setelah melaksanakan kegiatan belajar di madrasah. Kendati tersebut, dengan mengikuti lomba cerpen adalah cara alternatif meninggalkan rasa kejenuhan.

“Salah satu yang membuat saya ikut lomba ini adalah untuk mengusir kejenuhan. Di Sela-sela kegiatan saya yang longgar, akhirnya saya ekspresikan kejenuhan tersebut melalui cerpen ini,” ungkapnya.

Cerpen yang Ia tulis bertemakan “Melestarikan Samudra Menjaga Nautikal Indonesia” mengusung seorang pemuda aktivis yang membantu melestarikan sumber daya laut. Tidak lupa, ia juga menambahkan isu ancaman terbesar yang dihadapi laut.

Jasmine berharap agar dapat memanfaatkan waktu luang untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti mengikuti lomba.

“Semoga saya bisa selalu berkarya dari ide sederhana di sekitar kita. Seperti cerpen yang saya tulis membahas potensi ancaman keamanan di perairan Indonesia,” ujarnya.

Melalui raihan prestasi ini, semoga mampu memberikan motivasi serta semangat kepada siswa/siswi MTs N 1 Banjarnegara untuk terus berkarya meskipun dalam situasi pandemi. (ran/ak/rf)