Kankemenag Pekalongan Gelar PAI Award 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam mengadakan seleksi Pemilihan Penyuluh Agama Islam teladan (PAI Award) kepada para Penyuluh Agama Islam yang tersebar di seluruh kecamatan se Kabupaten Pekalongan. Kegiatan PAI Award yang digelar dalam rangka peningkatan kualitas tugas dan fungsi Penyuluh Agama Islam ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Rabu (31/5/2023) dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan

Kepala Seksi Bimas Islam, Moh. Irkham mengatakan bahwa Kegiatan PAI Award ini diselenggarakan berdasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 198 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyuluh Agama Islam Award 2023. Dan ini berjalan sejak dari tahapan-tahapan, seperti persiapan, sosialisasi, pendaftaran online dan seleksi tingkat Kabupaten.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pekalongan, Imam Tobroni mengapresiasi dan menyambut baik atas penyelenggaraan kegiatan PAI Award tahun 2023 ini dan  berharap kepada para peserta yang telah melewati tahapan demi tahapan seleksi dengan baik ini agar turut serta lebih aktif dalam menjalankan program-program prioritas dan strategis Kementerian Agama.

Menurut Kakankemenag para penyuluh agama Islam merupakan komponen penting dan strategis dalam wajah kementerian agama yang berfungsi sebagai garda terdepan dalam melaksanakan amanat pembangunan dalam bahasa agama.

Lebih lanjut tentang Pemilihan PAI Award merupakan bentuk pengasahan skill dan peningkatan kompetensi agar para penyuluh semakin maksimal dan profesional dalam tugas dan pengabdian.

Kegiatan ini menuntut kompetensi dan para penyuluh harus bisa menunjukkan kinerja yang optimal sehingga bisa menjadi penyuluh teladan yang memberi inspirasi bagi orang lain, tetap menjadi penyuluh yang profesional di mana dan kapan saja. Dalam seleksi ini meliputi beberapa kategori yaitu; Kategori Peningkatan Literasi Al-Quran, Pendampingan Kelompok Rentan, Kesehatan Masyarakat, Pemberdayaan Ekonomi Umat, Penegakan Hukum, Pelestarian Lingkungan, dan Metode Penyuluhan Baru,

Dari tujuh kategori tersebut, tim penilai telah memilih sebanyak 7 orang dari masing masing kategori sebagai penyuluh teladan yaitu:

  1. Tri Indah Mulyaningsih (Kategori Kesehatan Masyarakat)
  2. Indah Puji Astuti, S.Sos (Kategori Pendampingan Keluarga Rentan)
  3. Ani Syarifah, S.Ag (Kategori Penegakan Hukum)
  4. Siti Amanah, S.Pd (Kategori Pembetrdayaan Ekonomi Ummat)
  5. Nurjanah, SHI (Kategori Pelestarian Lingkungan)
  6. Amrina Rosada, S.Pd.I (Kategori Peningkatan Literasi Alquran)
  7. Ihya Ulumudin (Kategori Metode Penyuluhan Baru). (MTb/bd)