Kankemenag Pemalang dan Unwahas Semarang Tanda Tangani MoU

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Bertempat di Guma Landscape Serang Purbalingga, Rabu (9/8/2023) berlangsung penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) antara Kankemenag Kabupaten Pemalang dan Pascasarjana Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui studi lanjut. Penandatanganan dilaksanakan secara langsung oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pemalang Roziqun dan Direktur Pascasarjana Unwahas Semarang, Mahmutarom HR. Penandatanganan disaksikan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang Supa’at, Kepala Cabang Dinas Wilayah XII Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Pengawas SMK Imam Mirwanto serta Anung Nurchamim, Pimpinan Bank Jateng Capem Kota Pemalang sebagai bank mitra.

Roziqun menyampaikan bahwa Kankemenag sangat memperhatikan peningkatan kualifikasi sumber daya manusia baik guru maupun pegawai. “Di Pemalang masih banyak guru madrasah, guru PAI, dan pegawai yang belum S2 sehingga perlu terobosan dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan mereka. Kemenag Pemalang melakukan kerja sama dengan Unwahas dengan harapan Unwahas memberikan kemudahan bagi guru dan pegawai yang akan kuliah S2,” kata Roziqun.

Keinginan Kankemenag Kabupaten Pemalang ini ditanggapi dengan baik oleh Unwahas Semarang yang ditindaklanjuti dengan penandatangan kerjasama ini. Direktur Unwahas, Mahmutarom menyampaikan Unwahas akan memberikan kemudahan dan keringanan bagi mahasiswa S2 Unwahas dari Pemalang.

“Kami akan menghadirkan dosen-dosen ke Pemalang. Kami juga akan memfasilitasi dosen pembimbing tesis akan dihadirkan, siap mendampingi mahasiswa,” ungkap Mahmutarom. “Strategi ini dilakukan agar mahasiswa bisa lulus bareng-bareng dalam waktu tiga semester dan wisuda pada bulan kesatu atau kedua di semester empat. Selain itu, dengan kerja sama ini mahasiswa diberikan keringanan biaya kuliah,” jelas Mahmutarom.

Selain Direktur Pascasarjana Unwahas, juga hadir Asisten Direktur Bidang Akademik Pascasarjana Sari Hernawati dan Asisten Direktur Bidang Umum dan Keuangan Gufron Hamzah. Penandatanganan MoU ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Focus Group Discussion Sinergy of Education in Pemalang yang diikuti oleh pejabat struktural di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang, pengawas madrasah, pengawas PAI, kepala madrasah negeri, pengurus KKRA/KKGRA, dan KKM. (hbb/fi/rf)