Kasi Dikmad Jelaskan AKMI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (5/9/2022) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menggelar kegiatan apel pagi di halaman kantor, dan diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerjanya.

Pada apel kali ini, Moch. Fatkhuronji Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Dikmad) bertindak selaku pembina apel. Dalam pembinaannya ada beberapa informasi yang ia sampaikan, salah satunya tentang gelaran sosialisasi Asesmen Kompetisi Madrasah Indonesia (AKMI) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Hotel Grasia. “Alhamdulillah pada Rabu minggu lalu (31/8/2022) kami telah menyelenggarakan Sosialisasi AKMI. Meskipun kemarin saya tidak bisa menjalankan tugas sebagai narasumber karena Bapak mertua saya meninggal dunia, tetapi berdasarkan laporan yang saya terima, kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya.

“AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter,” terangnya.

“Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran,” sambungnya.

“AKMI merupakan program dari Kemenag pusat,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini pula, ia menginformasikan bahwa dalam waktu dekat akan diselenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Ia pun mengimbau keterlibatan pengawas madrasah guna kesuksesan kontingen dari Kota Semarang.

Ia juga menginformasikan capaian realisasi anggaran pada satuan kerjanya dan mengajak kepada ASN Kankemenag Kota Semarang untuk selalu bersyukur.(Dintha/NBA/bd)