MI Baitul Huda Tingkatkan Literasi Baca dengan Mendongeng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Senin (5/9/2022) MI Baitul Huda bekerjasama dengan DT Peduli Semarang mengadakan kegiatan mendengarkan dongeng yang mengusung tema Berkisah Bersama Kak Kus.

Kegiatan digelar di Masjid Baitul Huda yang berlokasi di madrasah setempat, diperuntukkan bagi siswa-siswi MI Baitul Huda dari kelas 1 sampai 6, kurang lebih berjumlah 356 anak.

Kepala Madrasah menuturkan, gelaran ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik.

Dalam kegiatan tersebut, Kak Kus yang merupakan pendongeng tingkat nasional bercerita dengan sangat apik, ekspresif dan interaktif. Untuk menambah daya tarik siswa-siswi, Kak Kus menggunakan media boneka dan sulap dalam mendongeng.

“Cerita yang dibawakan sangat menghibur dan menginspirasi, Kak Kus membawakan ceritanya dengan sangat lucu ditemani dengan Anto (nama boneka yang dibawanya),” ujar salah seorang siswa.

“Alhamdulillah kegiatan disambut sangat meriah oleh siswa dan guru,” tutur Kepala Madrasah.

“Kegiatan berkisah ini diharapkan dapat mengembangkan minat baca dan literasi siswa, karena hal ini merupakan aspek penting yang harus diterapkan di madrasah,” terangnya.

“Harapan lain, siswa MI Baitul Huda dapat mengambil hikmah dari cerita yang dibawakan oleh Kak Kus. Ini merupakan salah satu metode yang cukup efektif untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada anak, karena pesan yang disampaikan melalui kisah yang dibawakan dengan penuh ekspresi oleh Kak Kus, akan lebih mudah melekat dalam ingatan anak-anak,” pungkasnya.(Atun/NBA/bd)